Empat Kandidat Bapaslon Bertarung di Pilkada Kota Cilegon

Satu maju lewat jalur independen aktor Lian Firman

Cilegon, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menerima empat berkas pendaftaran bakal pasangan calon atau bapaslon untuk Wali Kota dan Wakil Wali Kota, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon.

Dengan demikian, Pilkada Cilegon 2020 ini akan diikuti oleh empat kandidat yang akan bertarung.

1. Satu bapaslon maju melalui jalur independen

Empat Kandidat Bapaslon Bertarung di Pilkada Kota CilegonDok. KPU Cilegon

Salah satu dari bapaslon tersebut maju melalui jalur perseorangan atau independen, yakni Ali Mujahidin yang didampingi oleh seorang artis pemain film Cinta Fitri, Lian Firman. Tiga bapaslon lain diusung oleh partai politik.

Ketiganya adalah bapaslon Ati Marliati-Sokhidin yang didukung partai Golkar, Gerindra, NasDem dan PKB. Lalu bapaslon Heldy Agustian-Sanuji Pentamerta mendapat dukungan Partai Berkarya dan PKS, sedangkan yang terakhir bapaslon Iye Iman Rohiman-Awab didukung PAN, PPP dan Partai Demokrat.

"Berdasarkan yang telah konfirmasi hanya empat bapaslon saja yang mendaftar ke KPU Cilegon," kata Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi saat dikonfirmasi, Minggu (6/9/2020).

Baca Juga: Pilkada Pandeglang Diikuti 2 Pasangan, Petahana Irna Ditantang Thoni 

2. Berkas pendaftaran akan dicek keabsahannya oleh KPU

Empat Kandidat Bapaslon Bertarung di Pilkada Kota CilegonIDN Times/Khaerul Anwar

Menurut Irfan, pihaknya akan memeriksa keabsahan berkas dan syarat pencalonan yang telah diberikan ke KPU, mulai dari riwayat pendidikan dan persyaratan lainnya.

"Kita akan melakukan vetifikasi dimulai hari ini, tanggal 6 sampai 12 September mendatang. Jika ada yang kurang akan kita sampaikan di masa perbaikan," katanya.

3. Iye-Awab optimis menang meski berat

Empat Kandidat Bapaslon Bertarung di Pilkada Kota CilegonDok. KPU Cilegon

Salah satu bapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon, Iye Iman Rohiman-Awab, mengakui perhelatan Pilkada Cilegon dinilai cukup berat karena harus bertarung dengan tiga kontestan lainnya.

Iye-Awab meyakini dengan restu dari Allah SWT dan dukungan penuh masyarakat Cilegon, keduanya bisa memenangkan Pilkada Cilegon untuk periode 2021-2026.

"Kami optimis dengan izin Allah SWT. Kami optimis bisa memenangkan kontestasi ini dengan dukungan masyrakat Cilegon. Tentu semua pasangan kami anggap berat, tidak ada yang ringan. Tetapi di antara yang berat itu, Insya Allah kami keluar sebagai pemenang," ujar Wakil Ketua Umum DPP PAN, Yandri Susanto saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Gubernur Banten Terapkan PSBB di Semua Wilayah Akibat Kasus Meningkat

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya