Iwan Kurniawan Resmi Menjabat Pj Bupati Lebak 

Iti Octavia dan Ade Sumardi mundur

Serang, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar resmi melantik Iwan Kurniawan sebagai Pj Bupati Kabupaten Lebak untuk mengisi kekosongan jabatan, setelah mundurnya Iti Octavia Jayabaya dan Wakil Bupati Ade Sumardi.

Iwan Kurniawan yang ditunjuk sebagai orang nomor satu di Kabupaten Lebak tersebut sebelumnya merupakan Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah (SUPD) II, Ditjen Bina Bangda, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Saya Penjabat Gubernur Banten atas nama Presiden Republik Indonesia, dengan resmi melantik saudara sebagai Iwan Kurniawan Pj Bupati Lebak berdasarkan keputusan Mendagri," kata Al Muktabar saat prosesi pelantikan, Jumat (3/11/2023).

Baca Juga: Daftar Jadi Caleg, Iti Octavia: Semoga Saya Dipantaskan Allah

1. Iti Octavia dan Ade Sumardi mundur karena mereka menjadi peserta pemilu

Iwan Kurniawan Resmi Menjabat Pj Bupati Lebak IDN Times/Khaerul Anwar

Masa jabatan Iti Octavia dan Ade Sumardi sejatinya baru akan berakhir pada 2024. Namun, mereka harus purna terlebih dahulu karena menjadi peserta Pemilu 2024.

Iti diketahui mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari Partai Demokrat. Sementara, Ade mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Provinsi Banten dari PDI Perjuangan.

2. Iti Octavia dan Ade turut hadir dalam acara pelantikan dan serah terima jabatan

Iwan Kurniawan Resmi Menjabat Pj Bupati Lebak Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Pelantikan Iwan Kurniawan sebagai Pj Bupati Lebak digelar di Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang.

Pantauan IDN Times, Iti Octavia Jayabaya dan Ade Sumardi selaku Bupati dan Wakil Bupati Lebak periode 2019-2024, tampak menghadiri langsung pelantikan tersebut. Mereka juga sekaligus menyerahkan jabatan yang mereka emban selama dua periode kepada Iwan Kurniawan.

3. Al Muktabar minta Pj Bupati Lebak menjaga kedamaian saat pemilu

Iwan Kurniawan Resmi Menjabat Pj Bupati Lebak IDN Times/Khaerul Anwar

Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, diberhentikannya Bupati dan Wakil Bupati Lebak periode 2019-2024 lantaran keduanya tengah kembali berjuang untuk memperebutkan kursi legislatif. Selama kurang sepuluh tahun keduanya menjabat dinilai telah mampu membuat kemajuan di Kabupaten Lebak.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi kepada bupati dan wakil bupati yang telah diemban kurang lebih 10 tahun harusnya berakhir 2024 tepat pelaksanaan pemilu," katanya saat sambutan.

Mantan Sekda Banten itu juga turut memberikan arahan kepada Pj Bupati Lebak yang baru dilantik untuk menyukseskan kontestasi Pemilu 2024 mendatang. Iwan diharapkan dapat membuat pesta demokrasi tahun depan berjalan dengan damai dan aman.

"Pesta barus kita jalankan dengan penuh kedamaian dan kebahagian harus kita jaga bersama itu kemudian tadi dimandatkan dalam SK Pj bupati," katanya.

Baca Juga: Mendagri Resmi Teken Pemberhentian Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya