Mendagri Resmi Teken Pemberhentian Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya

Meski sudah resmi diberhentikan, Iti masih mimpin hingga DCT

Serang, IDN Times - Surat Keputusan (SK) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pemberhentian Iti Octavia Jaya dan Ade Sumardi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lebak sudah diterima oleh Pemerintah Provinsi Banten.

Plt Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Banten Gunawan Rusminto mengatakan, pihaknya akan menyerahkan SK Kemendagri tersebut hari ini, Senin (11/9/2023) ke Iti Octavia dan Ade Sumardi.

"SK pemberhentian Bupati sama Wakil Bupati Lebak sudah keluar, siang ini akan kita serahkan (ke Iti dan Ade)," kata Gunawan.

Baca Juga: DPRD Lebak Belum Usulkan Nama Calon Pj Bupati ke Kemendagri

1. Iti dan Ade masih memimpin Lebak hingga penetapan DCT Caleg

Mendagri Resmi Teken Pemberhentian Bupati Lebak Iti Octavia JayabayaLive IG Salam Ramadan: Cerita Indonesia bersama dengan Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya pada Selasa (27/4/2021). (IDN Times/Ita Malau)

Meski SK pemberhentian sudah ditandatangani Mendagri Tito Karnavian, Iti Octavia dan Ade masih memimpin Kabupaten Lebak hingga penetapan daftar calon tetap (DCT) Calon Anggota Legislatif (Caleg) Pemilu 2024 pada 3 Oktober mendatang.

Diketahui, Iti Octavia telah mendaftar sebagai caleg anggota DPR RI melalui dapil Pandeglang dan Lebak. Sedangkan, Ade maju menjadi Caleg DPRD Banten dari dapil Lebak.

Ia menegaskan, apabila DCT sudah keluar, maka keduanya harus berhenti dari jabatannya. Meskipun jabatan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lebak baru berakhir pada 15 Januari 2024.

“Tapi karena mereka (Iti dan Ade) mencalonkan diri, maka masa jabatannya lebih lengkap,” katanya.

2. Mendagri belum meminta nama usulan Pj Bupati Lebak

Mendagri Resmi Teken Pemberhentian Bupati Lebak Iti Octavia JayabayaKantor Bupati Lebak (IDN Times/Muhammad Iqbal)

Gunawan menambahkan, hingga saat ini Kemendagri belum meminta usulan nama-nama kandidat Pj Bupati Lebak yang akan meneruskan kepemimpinan Iti-Ade hingga ada kepala daerah baru hasil Pilkada 2024 mendatang.

"Biasanya satu bulan sebelum DCT, jadi kemungkinan Oktober nanti,” katanya.

3. Usulan pemberhentian kepala daerah lain belum diteken Tito

Mendagri Resmi Teken Pemberhentian Bupati Lebak Iti Octavia JayabayaBupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Sementara, untuk kepala daerah lain yang telah pemberhentian kepala daerah lain, seperti Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Wakil Bupati Tangerang Mad Romli sudah disampaikan ke Kemendagri. Selain itu, usulan pemberhentian Wakil Walikota Serang Subadri Ushuluddin juga sudah disampaikan. Namun, usulan mereka belum ditandatangani oleh Mendagri Tito Karnavian.

“Tapi lebih dulu Bupati dan Wakil Bupati Tangerang yang disampaikan ke Kemendagri,” katanya.

Baca Juga: Arief Minta Warga Waspada Dampak El-Nino di Kota Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya