Jelang Lengser, Al Muktabar Rotasi Ratusan Pejabat Pemprov Banten 

Al Muktabar klaim mutasi ini kebutuhan organisasi

Serang, IDN Times - Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar merotasi ratusan pejabat tinggi di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten. Ada sebanyak 478 pejabat yang dikukuhkan Al Muktabar pada hari ini Selasa sore (2/5/2023).

Rotasi dan mutasi pejabat eselon III dan IV itu dilakukan Al Muktabar menjelang masa jabatannya berakhir pada 12 Mei mendatang.

Baca Juga: Jabatan Berakhir Pekan Depan, Ini Pesan Al Muktabar

1. Al Muktabar sebut mutasi ini untuk kebutuhan organisasi

Jelang Lengser, Al Muktabar Rotasi Ratusan Pejabat Pemprov Banten IDN Times/Khaerul Anwar

Dari 478 pejabat yang dilantik, terdiri dari 215 jabatan administrator dan 263 jabatan pengawas.

Untuk jenis pengangkatan, terdapat 230 jabatan yang dikukuhkan pada jabatan sebelumnya dan 248 jabatan merupakan hasil perpindahan atau mutasi jabatan dari lintas struktural maupun lintas dari jabatan fungsional serta promosi jabatan.

Menanggapi hal tersebut, Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, rotasi dan mutasi yang dilakukan dalam rangka kebutuhan organisasi dan mengisi kekosongan jabatan di Pemprov Banten.

"Bukan soal bedol (pemindahan besar-besaran), tapi itu kebutuhan organisasi yang memungkinkan beberap hal pencampaian target," katanya.

2. Al Muktabar tegas tak ada transaksional dalam mutasi

Jelang Lengser, Al Muktabar Rotasi Ratusan Pejabat Pemprov Banten Pj Gubernur Banten Al Muktabar (ketiga kiri) menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Serang, Kamis (2/6/2022). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Mantan Sekda Banten itu menegaskan bahwa tidak ada praktik transaksional dalam proses mutasi ratusan pejabat tinggi di Banten tersebut. Penempatan jabatan pun disesuaikan dengan kemampuan masing-masing para Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Hampir menyeluruh OPD, bukan subjektif organisasi, semua diberi kesempatan untuk berkembang di Pemprov Banten," katanya.

3. Al Muktabar mengaku, mutasi besar-besaran tak ada kaitan dengan tahun politik

Jelang Lengser, Al Muktabar Rotasi Ratusan Pejabat Pemprov Banten Gubernur Banten, Al Muktabar. (Dok. Bank Banten)

Al Muktabar membantah bahwa soal mutasi besar-besaran ini dilakukan untuk kepentingan politik di saat tahapan kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah mulai berjalan.

"Owh kita ASN sudah jelas, netral. Tentu kita semua bisa melihat apa pencapaian target kinerja," katanya.

Baca Juga: Kandidat Pj Gubernur, Ini 3 Nama Usulan DPRD Banten

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya