Kandidat Pj Gubernur, Ini 3 Nama Usulan DPRD Banten

Nama-nama itu selanjutnya akan disampaikan ke presiden

Serang, IDN Times - DPRD Banten telah mengambil kesepakatan soal usulan nama-nama kandidat Penjabat Gubernur Banten yang akan habis masa jabatannya pada 12 Mei 2023 dalam rapat pimpinan (Rapim). Tiga nama telah disepakati oleh DPRD Banten.

Ketua DPRD Banten Andra Soni menjelaskan, nama-nama tersebut adalah Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen Aparatur Sipil Negara Kemendagri Agus Sudrajat, Sekda Banten yang saat ini masih menjabat Pj Gubernur Al Muktabar, dan Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono.

Baca Juga: Nama Al Muktabar Masuk Kandidat Pj Gubernur Banten Usulan DPRD

1. Tiga nama ini akan diusulkan ke Kemendagri

Kandidat Pj Gubernur, Ini 3 Nama Usulan DPRD BantenGubernur Banten, Al Muktabar. (Dok. Bank Banten)

Selanjutnya ketiga nama itu akan disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dia menyampaikan pimpinan fraksi DPRD Banten telah menyetujui berdasarkan hasil musyawarah dan tanpa adanya dinamika.

"Paling lambat kami (DPRD Banten sampaikan besok (usulan tiga nama kandidat penjabat gubernur)," kata Andra kepada wartawan, Rabu (5/4/2023).

2. Pertimbangan DPRD Banten usulkan tiga nama itu

Kandidat Pj Gubernur, Ini 3 Nama Usulan DPRD BantenMasjid Agung Kesultanan Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Dia menyampaikan, pertimbangan DPRD Banten memilih tiga nama tersebut berdasarkan penilain dari profiling dan pengalaman dalam bidang pemerintahan. Sebelumnya, DPRD Banten membuka masukan dari berbagai kalangan termasuk tokoh Banten terkait nama kandidat Pj Gubernur Banten selanjutnya.

"Nama-nama itu berdasarkan (kebutuhan ) kondisi yang ada di Banten. Ini penjabat gubernur," katanya.

3. Siapa yang terpilih sebagai Pj Gubernur Banten, DPRD menyerahkan kepada Presiden Jokowi

Kandidat Pj Gubernur, Ini 3 Nama Usulan DPRD BantenJokowi tinjau food estate di Kalimantan Tengah (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Kendati demikian, DPRD Banten menyerahkan sepenuhnya siapa sosok yang akan ditunjuk oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi Pj Gubernur Banten.

"Ini sebagai bahan masukan kita serahkan ke presiden," katanya.

Baca Juga: Ribuan Pekerja di Kabupaten Tangerang Kena PHK di Awal Tahun 2023

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya