Comscore Tracker

Jembatan Akses ke Negeri di Atas Awan Sudah Rampung, Hore!

Kabar baik nih bagi wisatawan yang hendak ke sana

Serang, IDN Times - Pembangunan Jembatan Ciberang, Desa Ciladaeun yang menjadi akses menuju kawasan wisata Negeri di Atas Awan, Citorek, Lebak sudah rampung 100 persen. Diketahui, jembatan tersebut putus dihantam banjir bandang pada tahun 2020.

"Proses administrasinya sudah diserahkan dari pihak kontraktor kepada kami," kata Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten Arlan Marzan saat dikonfirmasi, Jumat (25/2/2022).

Baca Juga: Kabar Baik, Jembatan Akses ke Negeri di Atas Awan Rampung Akhir Bulan

1. Selain jembatan, sejumlah ruas jalan direhabilitasi

Jembatan Akses ke Negeri di Atas Awan Sudah Rampung, Hore!Dok. Istimewa/PUPR Banten

Arlan mengatakan, selain jembatan pihaknya pun telah merampungkan pembangunan rehabilitasi jalan Cipanas - Ciberang - Gunung Luhur dengan menggelontorkan anggaran Rp123 miliar lebih.

Berdasarkan data Dinas PUPR Provinsi Banten, ada beberapa jenis pekerjaan yang dilakukan di wilayah tersebut, seperti pekerjaan jembatan di tujuh titik, penanganan longsoran di delapan titik dan pekerjaan perbaikan jalan di 11 titik.

Untuk titik Jembatan yang diperbaiki itu meliput jembatan di Kampung Cipangairan, Cilangke, Ciparumpung, Citagogag, Cinyiru, Cirakal, dan Ciberang.

Sedangkan untuk ruas jalan di Kampung Bujal, Tanjung Jengkol, Ciparumpung, Jaha, Citagogag, Cinyiru, Cinyiru Satu, Cinyiru Dua, Cikarakal, Muara dan kampung Ciberang. Dan untuk titik longsor itu berada di Kampung Bujal, Banjar, Tanjung Jengkol, Ciparumpung, Citagogag, Cinyiru, Cinyiru Satu, dan Cinyiru Dua.


"Kalau untuk longsor-longsor yang bersifat material jatuhan dari tebing itu akan ditangani dengan anggaran perawatan rutin," katanya.

2. Konstruksi didesain tahan gempa, longsor, dan banjir bandang

Jembatan Akses ke Negeri di Atas Awan Sudah Rampung, Hore!Dok. Istimewa/PUPR Banten

Mengingat kondisi di sana rawan akan longsor, kata Arlan, maka konstruksi desain bangunan yang dibuatnya dipastikan sudah berdasarkan penelitian dan kajian supaya tahan longsor serta gempa, dan bisa digunakan sampai 50 tahun ke depan.

"Seperti pembangunan Jembatan (Ciberang) ini didesain menggunakan konstruksi melengkung bagian dari desain tahan banjir bandang," katanya

 

3. Ruas jalan Cipanas diklaim sudah kondisi mantap

Jembatan Akses ke Negeri di Atas Awan Sudah Rampung, Hore!Dok. Istimewa/PUPR Banten

Secara keseluruhan panjang ruas jalan Cipanas-Gunung Luhur itu sepanjang 59 kilometer. Sebagian besar ruas jalannya saat ini sudah dalam kondisi mantap, terutama akses menuju destinasi wisata negeri di atas awan. Hanya saja memang masih ada sekitar 7 kilometer lagi yang dalam proses rehabilitasi menuju Warung Banten.

"Insya Allah tahun ini akan selesai semua, karena anggarannya sudah disiapkan," katanya.

Baca Juga: Rumah Retak Karena Tanah Bergerak, Warga Lebak Terpaksa Mengungsi

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya