Comscore Tracker

PPDB Banten Dibuka Besok, Cek Jadwal Lengkapnya 

Pj Gubernur sebut persiapan sudah 100 persen

Serang, IDN Times - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Banten tahun ajaran 2022/2023 mulai dibuka besok, Rabu (14/6/2022). Pj Gubernur Banten, Al Muktabar, mengklaim situs PPDB sekolah-sekolah sudah siap 100 persen.

"Secara infrastruktur digital laman sudah dibuat pengumuman. Kemudian spanduk pamplet kita imbau menyalurkan ke sekolah yang dituju," kata Muktabar kepada wartawan, Selasa (14/6/2022).

1. Situs PPDB dikembalikan ke sekolah

PPDB Banten Dibuka Besok, Cek Jadwal Lengkapnya Siswa dan wali murid berkonsultasi dengan petugas pusat layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA 7 Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Al Muktabar menuturkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten telah mengembalikan sistem PPPDB untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) jalur zonasi tahun 2022 ke masing-masing sekolah. Hal ini dilakukan lantaran sistem pendaftaran PPDB online terpadu melalui situs milik Banten sering mengalami kendala dan susah diakses.

"Ikhtiar kita dikembalikan ke sekolah bila terjadi gangguan spesifik di sekolah itu saja. Mengurangi kemungkinan trouble (web error)," katanya.

Baca Juga: Dindik Banten Waspadai Siswa Titipan Pejabat-Ormas Saat PPDB 

2. Gubernur menjamin pelaksanaan PPDB berjalan lancar

PPDB Banten Dibuka Besok, Cek Jadwal Lengkapnya Ilustrasi PPDB (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Disampaikan Muktabar, dirinya akan memastikan pelaksanaan PPDB Banten 2022 berjalan dengan lancar. Dia akan berkeliling sekolah untuk mengecek pelayanan terhadap calon siswa baru tersebut.

"Beberapa kalau ada yang kurang akan kita perbaiki. Saya akan keliling dari pertama PPDB pendaftaran, nanti kita akan cek kurang-kurangnya," katanya.

3. Jadwal seleksi PPDB SMA dan SMK

PPDB Banten Dibuka Besok, Cek Jadwal Lengkapnya ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadindik) Banten, Al Muktabar menyampaikan, jalur yang dibuka pada PPDB Banten 2022 yaitu prestasi, afirmasi, zonasi, dan perpindahan tugas orang tua (PTO). Berikut informasi lengkap terkait jadwal PPDB Banten 2022 yang perlu diperhatikan orangtua dan calon peserta didik baru.
 

Untuk jadwal pendaftaran dan proses seleksi:

- Jalur zonasi dimulai tanggal 15-18 Juni
- Jalur afirmasi dan PTO dari tanggal 23-25 Juni
- Jalur prestasi dari tanggal 30 Juni hingga 2 Juli

Sementara untuk SMK, lanjut Tabrani, itu diluar ketentuan, zonasi dan perpindahan PTO. Calon siswa akan menjalani tes khusus yang diselenggarakan oleh pihak sekolah sesuai dengan program keahlian yang diambil.
 

Berikut jadwal tahapannya:

- Pendaftaran 15-20 Juni
- Uji Kompetensi 21-29 Juni
- Verifikasi dan rekonsiliasi data 21 Juni - 1 Juli
- Pengumuman hasil seleksi 4 Juli
- Daftar ulang bagi yang diterima 5-7 Juli

"Dari keseluruhan itu tahun ajaran baru 2022-2023 itu nanti akan dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2022," katanya.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Siapkan Sanksi Keras Bagi yang Langgar Aturan PPDB

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya