Sejumlah Nakes di Serang Alami Gejala Ringan Usai Vaksin COVID-19

Itu kejadian normal pada setiap imunisasi

Serang, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Serang telah memasuki hari keempat. Sekitar 300 nakes sudah menerima vaksinasi dari jumlah sasaran sebanyak 3.539 nakes. Dari nakes yang sudah menerima vaksinasi, ada beberapa yang bergejala.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang Agus Sukmayadi menyampaikan, berdasarkan data sementara, sebanyak 165 nakes ditunda vaksinasi dan sebanyak 241 nakes tidak bisa disuntik vaksin karena tidak lolos screening dan memiliki penyakit bawaan.

Baca Juga: Kota Serang Akan Tampung Pasien COVID-19 OTG dari Kabupaten

1. Sejumlah nakes mengalami gejala ringan usai imunisasi

Sejumlah Nakes di Serang Alami Gejala Ringan Usai Vaksin COVID-19Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Kemudian dia mendapat laporan ada kejadian usai imunisasi yang terjadi pada beberapa nakes, namun masih tergolong ringan. Dari sekitar 300 nakes yang telah menerima vaksin, sekitar sebanyak 10 orang mengalami gejala ringan.

Gejala ringan itu, kata Agus, masih dapat diatasi pada saat di ruang observasi sebab hal demikian merupakan kejadian normal setiap usai imunisasi.

"Sedikit demam, pusing, dan mual itu masuk ringan dan sudah dapat diatasi. Tidak semua orang merasakan hal yang sama karena ketahanan tubuh seseorang berbeda dengan yang lainnya saat menerima vaksin," kata Agus saat dikonfirmasi, Jumat (29/1/2021).

2. Menyediakan 72 fakses vaksinasi tahap pertama

Sejumlah Nakes di Serang Alami Gejala Ringan Usai Vaksin COVID-19Ilustrasi. Kandidat vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Kabupaten Serang sendiri menyediakan sebanyak 72 fasilitas kesehatan untuk vaksinasi tahap pertama. Rinciannya, sebanyak 31 puskesmas, sebanyak 36 klinik dan sebanyak 5 rumah sakit. Sejauh ini vaksinasi untuk nakes sudah mencapai 30 persen dan ditargetakan akan selesai pada awal Februari untuk dosis pertama.

"Tidak ada penolakan dari nakes di Kabupaten Serang walaupun ada yang ditunda karena tidak lolos screening," katanya

3. Pencanangan vaksinasi pimpinan Forkopimda dilakukan hari ini

Sejumlah Nakes di Serang Alami Gejala Ringan Usai Vaksin COVID-19Ilustrasi Penyuntikan Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Agus menyampaikan, untuk kegiatan pencanangan vaksinasi Forkopimda di Serang baru dilaksanakan hari ini, termasuk penerimaan dosis vaksin kedua kepada Bupati Serang Ratu Tatu Cahasanah.

Forkopimda yang menerima vaksin diantaranya, Kapolres Serang AKBP Mariyono, Ketua DPRD Serang Bahrul Ulum dilanjutkan 10 orang perwakilan dari kalangan tokoh agama, tokoh pemuda dan kalangan milenial.

"Ibu (Bupati) tidak merasakan apa-apa, termasuk saat vaksin perdana di provinsi," katanya.

Baca Juga: Kota Serang Masuk Zona Merah Pertama Kali, Kegiatan Warga Diperketat

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya