Sempat Ancam Tarik Dukungan, PKS Usung Irna-Tanto di Pandeglang 

Apa alasan PKS mengubah sikap (lagi) di Pilkada Pandeglang?

Pandeglang, IDN Times - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi memberikan rekomendasi terhadap Irna Narulita dan Tanto W Arban di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pandeglang 2020.

Surat dukungan PKS diberikan langsung oleh ketua DPP Wilayah Banten-Jawa Barat Ahmad Syaikhu dalam Rakorda Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Pandeglang, Minggu (8/3). Hal ini berlawanan dengan ancaman PKS sebelumnya akan menarik dukungan terhadap Irna karena turut didukung PDIP.

"Bu Irna masih dikehendaki masyarakat hasil survei elektabilitasnya sangat tinggi," kata Ketua DPD PKS Banten Sanuji Pentamerta kepada IDN Times saat dikonfirmasi, Senin (9/3).

Saat ditanya mengenai dukungan PDIP kepada Irna, Sanuji menjawab, "Ya politik kan menghitung semua faktor". 

Baca Juga: Irna Narulita Digandeng PDIP, PKS Ancam Cabut Dukungan 

1. Popularitas dan elektabilitas Irna-Tanto jadi pertimbangan PKS

Sempat Ancam Tarik Dukungan, PKS Usung Irna-Tanto di Pandeglang Instagram/tantoarban

Sebelumnya, Ketua DPD PKS Pandeglang Tb Asep Rafiudin Arief mengungkapkan, dukungan partainya ke petahana merupakan hasil seleksi dan survei popularitas dan elektabilitas yang dilakukan oleh PKS. Pasangan yang memiliki tagline Intan tersebut dinilai berhasil memimpin Pandeglang di periode pertama.

“Kami meminta seluruh kader mengawal dan memenangkan bapaslon yang telah resmi diusung. Irna-Tanto harus melanjutkan kepemimpinan untuk menyempurnkan pembangunan yang sudah berhasil dicapai," kata Asep seperti dikutip Antaranews.com.

Baca Juga: Diusung PDIP di Pilkada 2020, Bupati Irna Jadi Kader Partai Banteng 

2. Irna telah didukung oleh empat partai

Sempat Ancam Tarik Dukungan, PKS Usung Irna-Tanto di Pandeglang wikipedia.org

Istri mantan Bupati Pandeglang dua periode, Dimyati Natakusumah tersebut telah didukung oleh empat partai, diantaranya, PDIP, PAN, dan Golkar. PKS menjadi partai keempat yang resmi mendukung pasangan petahana tersebut.

Meski demikian, Irna menilai dukungan empat partai tersebut belum cukup untuk membangun Pandeglang lebih maju.

"Satu kehormatan kami dipercaya kembali oleh partai terbesar, masuk tiga besar di Banten, kami sangat bahagia sekali. Dengan dukungan partai yang sangat kuat ini tentunya akan memudahkan kami untuk bisa melanjutkan program program pembangunan yang belum terselesaikan," katanya.

3. Mesin PKS di Pandeglang tak diragukan lagi

Sempat Ancam Tarik Dukungan, PKS Usung Irna-Tanto di Pandeglang pksbanten.or.id

Sementara bakal calon Wakil Bupati pandeglang, Tanto Warsono Arban mengatakan, dukungan PKS terhadap Irna-Tanto merupakan kedua kali setelah sukses di periode pertama. lalu, Tanto tidak meragukan loyalitas dan mesin-mesin PKS di akar rumput.

"Insya Allah dengan masuknya mesin partai PKS, ini sudah tidak perlu diragukan lagi, bersama-sama dengan partainya yang sudah mengusung, Insya Allah pasangan Irna-Tanto bisa meraih kemenangan,” tutur Tanto. 

Baca Juga: PKS Usung Ruhamaben di Pilkada Tangsel, Pengamat: Itu Bargain Politik

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya