Tolak UU Cipta Kerja, Ribuan Mahasiswa di Serang Bentrok dengan Polisi

Demonstrasi dimulai dari sore hari hingga malam hari

Serang, IDN Times - Ribuan mahasiswa di Kota Serang dari berbagai perguruan tinggi berunjuk rasa menolak Undang-Undang Cipta Kerja di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Serang, Selasa (6/10/2020).

Massa aksi yang tergabung dalam Aliansi Geger Banten itu mulai memblokade jalan protokol Kota Serang pukul 16.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB malam demonstrasi masih berlangsung.

Akibatnya, kemacetan tak terhindarkan dan arus kendaraan dialihkan oleh polisi lalu lintas. Selain blokade jalan, massa aksi juga melakukan aksi bakar ban dan menyalakan petasan.

Baca Juga: Buruh di Serang Turun Ke Jalan, Kawasan Industri Cikande Lumpuh 

1. Mahasiswa meminta Jokowi menerbitkan Perppu Cipta Kerja

Tolak UU Cipta Kerja, Ribuan Mahasiswa di Serang Bentrok dengan PolisiDok. Istimewa/Arman

Dalam aksinya tersebut, para mahasiswa menuntut kepada pemerintah dan DPR RI untuk segera mencabut UU kontroversial yang baru disahkan tersebut. Kemudian meminta Presiden Joko Widodo menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) Cipta Kerja. Karena mereka menilai UU Cipta Kerja sangat merugikan buruh dan lebih mementingkan para pengusaha.

"Mereka memanfaatkan pandemik untuk untuk memuluskan rencana mereka. Sudah saatnya mengajukan mosi tidak percaya terhadap pemerintah dan DPR," kata salah satu massa aksi Arman saat dikonfirmasi.

Baca Juga: [BREAKING] DPR Sahkan RUU Cipta Kerja Sah Jadi UU

2. Demo mahasiswa dibubarkan paksa oleh polisi

Tolak UU Cipta Kerja, Ribuan Mahasiswa di Serang Bentrok dengan PolisiDok. Istimewa/Arman

Demonstrasi yang semula berjalan dengan damai tersebut berujung ricuh karena para mahasiswa tidak terima saat diminta oleh aparat kepolisian untuk membubarkan diri karena sudah melewati batas waktu yang telah ditentukan.

Meski sudah diminta untuk membubarkan diri para mahasiswa tetap bertahan di Jalan Jenderal Sudirman, Ciceri, Kota Serang hingga saat ini menyuarakan aspirasinya terhadap sikap DPR RI yang tetap mengesahkan UU Cipta Kerja dan menembakan petasan ke arah polisi dan semakin anarkis.

Petugas kepolisian pun memukul mundur mahasiswa dengan menembakkan gas air mata dan water cannon. Mahasiswa yang terpojok berlarian masuk ke dalam kampus.

3. Sejumlah mahasiswa diamankan

Tolak UU Cipta Kerja, Ribuan Mahasiswa di Serang Bentrok dengan PolisiBatu berserakan di lokasi aksi tolak Omnibus Law di depan Kampus UMI Makassar, Selasa (6/10/2020). IDN Times/Asrhawi Muin

Sejumlah massa aksi diamankan pihak kepolisian. Hingga saat ini para mahasiswa masih bertahan di dalam kampus sambil menembakkan petasan, sementara pihak kepolisan masih berjaga di depan kampus UIN Banten. 

Baca Juga: Swab Test COVID-19 di Banten Capai 98 Persen dari Standar WHO 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya