Vaksinasi Lansia Bisa Cukup Tunjukkan KTP ke Petugas Faskes

Bisa langsung diproses jadi peserta

Serang, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Serang menyatakan siap melaksanakan vaksinasi tahap kedua. Program vaksinasi ini menyasar petugas payanan publik, seperti tenaga pendidik, pedagang, pejabat, atlet, dan wartawan, serta warga lanjut usia atau lansia.

"Kita sangat siap vaksinasi tahap kedua. Sekarang sedang menyusun logistik (vaksin) dari provinsi," kata Kepala Dinkes Kota Serang Muhammad Ikbal, Rabu ( 24/2/2021).

Baca Juga: Vaksinasi Lansia Mulai di Kota Serang, Ini Cara mendaftarnya

1. Lansia bisa langsung datang ke faskes dan cukup tunjukan KTP

Vaksinasi Lansia Bisa Cukup Tunjukkan KTP ke Petugas FaskesIlustrasi Penyuntikan Vaksin (ANTARA FOTO/REUTERS/Amit Dave)

Ikbal mengatakan, jika para lansia merasa kesulitan untuk melakukan pendaftaran melalui situs web serang.kemkes.go.id, mereka bisa langsung datang ke fasilitas pelayanan kesehatan di daeranya masing-masing dan cukup menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) untuk menjadi peserta vaksinasi.

Berdasarkan data yang dihimpun Provinsi Banten ada sebanyak 2.300 lansia di Kota Serang. Namun baru 300 yang telah mendaftar ulang.

"Cukup bawa KTP aja ke petugas, bisa muncul langsung (sebagai peserta). Kalau gak ada KTP bisa konfirmasi ulang dengan Disdukcapil," katanya.

2. Vaksinasi tahap 2 di Kota Serang dimulai awal Maret

Vaksinasi Lansia Bisa Cukup Tunjukkan KTP ke Petugas FaskesIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Kendati vaksinasi tahap kedua sudah mulai di beberapa daerah di Indonesia, namun Kota Serang tetap menargetkan pelaksanaan vaksinasi tersebut pada awal Maret 2021 karena vaksinasi tahap pertama masih berjalan. Pihaknya sudah menyiapkan sebanyak 33 faskes untuk vaksinasi tahap dua.

"Hari ini kita sedang ngambil vaksin dan kita akan susun jadwalnya. Dari 33 faskes itu seluruh rumah sakit, puskesmas dan klinik di Kota Serang," katanya.

3. Vaksinasi nakes baru capai 96 persen

Vaksinasi Lansia Bisa Cukup Tunjukkan KTP ke Petugas FaskesPetugas kesehatan menunjukan vaksin saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Ikbal meyampaikan, untuk vaksinasi dosis pertama untuk tenaga kesehatan di wilayahnya sudah mencapai 96 persen. Sementara untuk dosis kedua baru mencapai 65 persen.

"Kita targetkan dosis kedua sudah menyentuh 90 persen pada akhir pekan ini," katanya.

Baca Juga: Diperpanjang, PPKM Mikro di Banten Diperluas ke Seluruh Wilayah

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya