Yedi Pakai Mobil Dinas Baru, Kenapa Tak Pakai Prado Bekas Syafrudin?

Toyota Land Cruiser Prado masih dikuasai Syafrudin

Serang, IDN Times - Penjabat Wali Kota Serang Yedi Rahmat mendapatkan mobil dinas operasional baru. Dari pantauan IDN Times,  Rabu (6/12/2023), Yedi Rahmat tampak menaiki mobil dinas Mitsubishi Pajero.

Hal itu tampak saat Yedi tiba untuk menghadiri Rapat Paripurna pembukaan masa persidangan DPRD Kota Serang ke-II tahun sidang 2023-2024. 

Yedi tidak menggunakan mobil dinas yang sebelumnya digunakan oleh Syafrudin, yakni Toyota Land Cruiser Prado. Hanya, nomor polisi Pajero yang digunakan Yedi sama dengan pelat nomor yang biasa digunakan Syafrudin, yakni A 1 A.

Baca Juga: PAN Usung Lagi Syafrudin di Pilkada Kota Serang  

1. Rupanya, Toyota Land Cruiser Prado masih dikuasai Syafrudin. Akan dibeli?

Yedi Pakai Mobil Dinas Baru, Kenapa Tak Pakai Prado Bekas Syafrudin?Dok Pemkot Serang

Saat dikonfirmasi, Kabag Umum Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Serang Imam Setiawan mengakui bahwa mobil Land Cruiser Prado milik Pemerintah Kota Serang masih dikuasai oleh Syafrudin, meski yang bersangkutan sudah tak lagi menjabat sebagai Wali Kota Serang.

Alasannya, lanjut Imam, mobil dinas Land Cruiser Prado akan dibeli oleh Syafrudin tanpa mekanisme lelang. Menurutnya, pembelian mobil dinas kepada mantan kepala daerah yang pernah menjabat telah termaktub dalam peraturan pemerintah nomor 20 tahun 2022.

"Ada aturan unit kendaraan yang sudah empat tahun boleh diberikan (dijual) kepada pejabat daerah. Itu sedang proses," kata Imam dikonfirmasi.

2. Imam mengklaim harga mobil dinas itu masih dalam hitungan KPKNL

Yedi Pakai Mobil Dinas Baru, Kenapa Tak Pakai Prado Bekas Syafrudin?Antaranews

Sementara, untuk harga dari Land Cruiser Prado yang akan dibeli oleh mantan Wali Kota Serang periode 2018-2023 masih dilakukan penilaian oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

"Iya yang pak Syafrudin itu sudah proses penilaian di KPKNL. Itu ada di Aset yang menyelenggarakan buka di bagian umum," katanya.

3. Plat nomor A 1 A diklaim sudah milik Pajero yang digunakan Yedi

Yedi Pakai Mobil Dinas Baru, Kenapa Tak Pakai Prado Bekas Syafrudin?IDN Times/Khaerul Anwar

Sedangkan terlait Toyota Pajero yang digunakan Pj Wali Kota Serang, Yedi Rahmat menggunakan plat A 1 A, Iman mengungkapkan bahwa hal tersebut sudah diselesaikan.

"Itu yang bekas (Plat nomor) pak Jaman (Toyota Harrier) sudah selesai," katanya.

Baca Juga: DPRD Resmi Purnatugaskan Syafrudin Sebagai Wali Kota Serang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya