Kendaraan Pribadi Mendominasi Pelabuhan Merak - Ciwandan 

Sebanyak 339.340 penumpang tinggalkan Jawa menuju Sumatra

Serang, IDN Times - Arus mudik Lebaran di Pelabuhan Merak dan Pelindo II Ciwandan didominasi oleh kendaraan pribadi. Catatan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sebanyak 40.993 kendaraan pribadi yang telah menyeberang.

Adapun roda dua sebanyak 15.052 kendaraan, bus 2. 753 dan kendaraan truk logistik 2.557 sejak 12 April -17 April 2023 atau H-5 Lebaran.

"Jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 43 unit kapal," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif saat kunjungan ke Merak, Selasa (18/4/2023).

Baca Juga: H-5 Lebaran, Pelabuhan Ciwandan Mulai Dipadati Pemudik Motor 

1. Sebanyak 339.340 penumpang tinggalkan Jawa menuju Sumatra

Kendaraan Pribadi Mendominasi Pelabuhan Merak - Ciwandan Dok. Istimewa/ASDP

Adapun realisasi total penumpang pada H-5 mencapai 82.448 orang. Rinciannya, 5.607 penumpang pejalan kaki dan 76.841 penumpang dalam kendaraan. Namun, realisasi total penumpang tahun ini turun 13 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 94.561 orang.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-10 hingga H-5 tercatat 339.340 orang atau naik 9 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 310.196 orang.

"Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 78.522 unit atau naik 6 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 74.156 unit," katanya.

2. Perlu diwaspadai peningkatan penyeberangan H-3 

Kendaraan Pribadi Mendominasi Pelabuhan Merak - Ciwandan Dok. Istimewa/ASDP

Meski beberapa hari ini aktivitas penyeberangan terpantau lengang, dia menegaskan bahwa dalam menghadapi angkutan Lebaran tahun ini, perlu diwaspadai peningkatan atau pergerakan penumpang dan kendaraan periode H-3 Lebaran.

"Kita tidak boleh lengah dalam memantau situasi-situasi terkini terkait puncak arus mudik sehingga dapat diantisipasi dengan baik. Untuk itu seluruh pihak yang berkaitan harus selalu melakukan evaluasi dan terus meningkatkan pelayanannya," kata Arifin.

3. Pengguna jasa agar mengatur mengatur keberangkatan di hari H 

Kendaraan Pribadi Mendominasi Pelabuhan Merak - Ciwandan Dok. Istimewa/ASDP

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Sherly Arifin meminta pengguna jasa agar mengatur waktu di hari H keberangkatan agar tidak terlambat dengan melakukan check in dua jam sebelumnya.

Tiket pun akan hangus atau tidak berlaku jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan. "Apabila tiba di pelabuhan belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan," katanya.

Baca Juga: Rute Menuju Pelabuhan Ciwandan, untuk  Pemudik Motor Nih

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya