Korupsi Lahan SMK 7 Tangsel, Eks Sekdis Dindik Divonis 4 Tahun Bui

Vonis lebih ringan dari tuntutan jaksa  

Serang, IDN Times - Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Ardius Prihantono divonis 4 tahun penjara atas kasus korupsi pengadaan lahan SMKN 7 Kota Tangerang Selatan.

Majelis hakim pada Pengadilan Tipikor Serang menyatakan, Ardius telah terbukti sah melakukan korupsi secara bersama-sama dalam pengadaan tanah sehingga merugikan keuangan negara Rp 10,5 miliar.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Ardius selama 4 tahun dan denda Rp100 juta subsider 3 bulan kurungan," kata ketua majelis hakim Atep Sopandi saat membacakan putusan pada Kamis malam (22/12/2022).

Baca Juga: Saksi: Uang Lahan SMKN 7 Tangsel Mengalir Hingga ke Adik Eks Gubernur

1. Dua terdakwa lainnya divonis serupa  

Korupsi Lahan SMK 7 Tangsel, Eks Sekdis Dindik Divonis 4 Tahun BuiIDN Times/Khaerul Anwar

Sementara untuk terdakwa lainnya dari pihak swasta, yakni Agus Kartono dan Farid Nurdiansyah juga divonis serupa dengan Ardius pidana penjara 4 tahun dan denda sebesar Rp100 juta subsider kurungan penjara 3 bulan.

Ketiganya dinilai bersalah berdasarkan dakwaan subsidaritas jaksa penuntut umum Pasal 3 ayat (1) dan atau Pasal 11 juncto Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

2. Ketiga terdakwa diwajibkan membayar uang pengganti

Korupsi Lahan SMK 7 Tangsel, Eks Sekdis Dindik Divonis 4 Tahun BuiDok. Istimewa/IDN Times

Selain itu, terdakwa Ardius diwajibkan membayar uang pengganti Rp 414 juta. Bila tidak dibayar maka akan dijatuhi pidana 1 tahun.

Lalu terdakwa Agus diwajibkan membayar uang pengganti Rp 6,2 miliar dengan ketentuan pidana 2 tahun jika tidak diganti. Sementara untuk terdakwa Farid senilai Rp1,6 miliar dan bila tidak diganti pidana 6 bulan.

"Pertimbangan yang memberatkan pada terdakwa Ardius yaitu pernah dihukum perkara korupsi dan sedang menjalani hukuman. Sementara Agus belum mengembalikan kerugian negara dan jadi unsur pemberat," katanya.

Baca Juga: Korupsi Lahan SMK 7 Tangsel, Eks Sekdis Dindik Dituntut 7 Tahun Bui 

3. Vonis lebih ringan dari tuntutan JPU 

Korupsi Lahan SMK 7 Tangsel, Eks Sekdis Dindik Divonis 4 Tahun BuiDok. Istimewa/IDN Times

Untuk diketahui, vonis ini lebih ringan dari tuntutan JPU dari KPK. Di tuntutan, terdakwa Ardius dituntut 7 tahun denda Rp 200 juta subsider 6 bulan. Sedangkan Agus dituntut 10 tahun denda Rp 300 juta subsider 1 tahun dan terakhir Farid dituntut 8 tahun denda Rp 200 juta subsider 6 bulan.

Atas putusan tersebut baik jaksa penuntut maupun tiga terdakwa menyatakan pikir-pikir untuk mengajukan banding.

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya