30 Orang di Satu RW di Tangerang Positif COVID-19, Begini Faktanya

Bermula dari seorang warga yang bekerja di luar kota

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Kabupaten Tangerang kembali menghadapi kasus COVID-19 yang meroket tajam. Salah satu penyumbang angka kasus COVID-19 di kabupaten ini adalah klaster keluarga.

Sebuah keluarga yang positif COVID-19 di Kecamatan Pasar Kemis menulari tetangganya hingga satu rukun warga (RW). Total, ada 30 orang positif COVID-19. 

Padahal, sosialiasi protokol kesehatan sudah digencarkan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Tangerang Raya. 

Baca Juga: PSBB Diperpanjang, Pemkot Tangerang Minta Bantuan Alat PCR

1. Masyarakat yang terpapar COVID-19 berasal dari satu lingkungan RW

30 Orang di Satu RW di Tangerang Positif COVID-19, Begini FaktanyaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Jubir Gugus Tugas penanganan COVID-19 di Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi mengatakan, terdapat sekitar 30 warga dalam satu lingkungan RW di Kecamatan Pasar Kemis yang positif terpapar COVID-19. 

"(Diketahui) saat dilakukan tes PCR massal yang berada di satu lingkungan RW di Kecamatan Pasar Kemis," ujar Hendra saat dikonfirmasi IDN Times, Senin (24/8/2020). 

2. Penularan COVID-19 berasal dari satu warga yang bekerja di kuar Kabupaten Tangerang. Dia kemudian menularkan kepada keluarga

30 Orang di Satu RW di Tangerang Positif COVID-19, Begini FaktanyaVirus SARS-CoV-2 (bintik kuning) menginfeksi sel apoptotik (merah) )ANTARA FOTO/Institute of Allergy and Infectious Diseases, NIH/Handout via REUTERS_

Hendra menegaskan, penularan tersebut berasal dari salah satu warga yang bekerja di daerah DKI Jakarta dan Kota Tangerang, hingga menularkan ke anggota keluarganya. 

Satu keluarga ini kemudian berinteraksi erat dengan sejumlah tetangga. Virus corona kemudian menyebar dengan cepat di satu rukun warga itu. 

"Salah satu warga ini, kita ketahui dari Pemda DKI Jakarta bahwa yang bersangkutan positif COVID-19. Setelah itu baru kita lakukan tes massal di lingkungan rumahnya dan didapati 30 orang yang positif COVID-19," jelasnya. 

Klaster keluarga-keluarga di RW Kecamatan Pasar Kemis itu diketahui dua pekan lalu. 

3. Warga diminta lakukan isolasi mandiri

30 Orang di Satu RW di Tangerang Positif COVID-19, Begini FaktanyaIlustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Hendra menegaskan, para warga yang positif COVID-19 itu kemudian menjalani perawatan medis. Bagi mereka yang tidak menunjukkan gejala, diminta isolasi mandiri di rumah masing-masing. 

"Kita minta masyarakat di satu lingkungan RW tersebut melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing, tentu dengan pengawasan dari petugas kesehatan," tuturnya. 

4. Sejumlah warga sudah ada yang dinyatakan bebas COVID-19

30 Orang di Satu RW di Tangerang Positif COVID-19, Begini FaktanyaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Setelah dilakukan isolasi mandiri dan perawatan selama dua minggu, pihaknya telah kembali melakukan tes PCR kepada puluhan warga tersebut. Hasilnya, sebagian besar warga telah dinyatakan sembuh dan bisa beraktivitas normal kembali. 

"Sebagian besar sudah dinyatakan sembuh dan sudah tidak perlu lagi melakukan isolasi mandiri, namun tetap di bawah pengawasan petugas kesehatan," ungkapnya. 

5. Petugas rutin semprotkan disinfektan ke lingkungan sekitar RW tersebut

30 Orang di Satu RW di Tangerang Positif COVID-19, Begini FaktanyaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Hendra menegaskan, hingga saat ini petugas masih terus melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke lingkungan RW tersebut maupun RW sekitarnya untuk menghentikan penyebaran COVID-19. 

Selain itu, kata Hendra, petugas juga memberikan imbauan ke masyarakat setempat untuk selalu pakai masker dan tetap jaga jarak bila keluar rumah, sering cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer. "Serta harus mandi begitu sampai di rumah setelah bekerja dari luar," kata dia. 

Baca Juga: Pemkot Tangerang Pasang 168 Titik Internet Gratis

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya