Festival Peh Cun Kembali Digelar di Tangerang, Nih Daftar Kegiatannya

Kegiatan dimulai dari ritual memandikan perahu naga

Tangerang, IDN Times - Gelaran Perayaan Peh Cun akan kembali diadakan di Sungai Cisadane, Kota Tangerang setelah 3 tahun vakum akibat pandemik COVID-19. Perayaan budaya peranakan etnis Cina tersebut bakal diadakan pada 21-25 Juni mendatang tepatnya di Jalan Kali Pasir, Kota Tangerang.

Ketua Panitia Peh Cun 2023 Mulio Kantjana mengatakan, nantinya bakal terdapat berbagai kegiatan yang bisa diikuti masyarakat umum dalam gelaran Peh Cun 2023 tersebut.

"Kegiatannya tidak hanya dikhususkan untuk etnis Tionghoa saja, melainkan juga dari multietnis akan tampil juga di gelaran Peh Cun 2023," kata Mulio, Sabtu (17/6/2023).

Baca Juga: 3 Tahun Vakum, Festival Perahu Naga Peh Cun Digelar Kembali

1. Kegiatan dimulai dari ritual memandikan perahu naga

Festival Peh Cun Kembali Digelar di Tangerang, Nih Daftar KegiatannyaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Seperti namanya, Peh Cun merupakan perlombaan perahu naga, sehingga inti acaranya memanglah perlombaan tersebut. Namun, sebelum memulai lomba, terdapat ritual memandikan perahu naga tersebut.

"Ritual akan dilakukan di tengah malam pada tanggal 21 Juni di rumah perahu pendopo Tanah Gocap, Karawaci, Kota Tangerang," ujar Mulio.

2. Pendirian telur pada waktu yang sudah ditentukan

Festival Peh Cun Kembali Digelar di Tangerang, Nih Daftar KegiatannyaMendirikan telur saat perayaan Peh Cun di Pantai Parangtritis.(doc.Dispar Bantul)

Terdapat ritual unik pada gelaran Peh Cun, yakni mendirikan telur (membuat telur berdiri) tanpa penyangga di waktu tertentu yang telah ditentukan. Konon, hanya pada waktu tersebut lah telur akan bisa berdiri tanpa penyangga.

"Kegiatan itu akan dilakukan pada tanggal 22 Juni, mendirikan telur tersebut juga sekaligus ada persembahyangan, di mana bentuk rasa syukur kami," jelasnya.

Pada tanggal 22 Juni tersebut, juga terdapat ritual lepas bebek di Sungai Cisadane, di mana warga sekitar akan menangkap bebek tersebut untuk dipelihara maupun dikonsumsi.

"Ada juga Gambang Kromong di atas perahu, menyanyikan lagu ikon Peh Cun, kegiatan akan dimulai jam 9 pagi hingga sore hari," tuturnya.

Baca Juga: Mengenal Peh Cun Tradisi Tahunan Kota Tangerang, Zaman Orba Dilarang

3. Penampilan Seni budaya multinetnis

Festival Peh Cun Kembali Digelar di Tangerang, Nih Daftar KegiatannyaIDN Times/Muhamad Iqbal

Pada tanggal 23 Juni, akan ada kegiatan penampilan seni budaya dari berbagai etnis yang ada di Indonesia. Nantinya, panggung seni budaya akan ada di tengah jalan Kali Pasir, sehingga jalan tersebut akan ditutup.

"Kami meminta maaf jika memang akan mengganggu lalu lintas, karena jalan tersebut akan ditutup total," tuturnya.

4. Pelepasan replika lentera perahu naga di Sungai Cisadane

Festival Peh Cun Kembali Digelar di Tangerang, Nih Daftar KegiatannyaIDN Times/Muhamad Iqbal

Pada tanggal 24 Juni, akan ada pembukaan dengan rampak tambur dan permainan barongsai. Lalu, akan dimulai lomba perahu naga yang diiringi dengan pentas seni dan wayang potehi serta Reog kesenian dari Banyumas.

"Malamnya akan ada pelepasan 100 replika lentera perahu, kita larung di Sungai Cisadane, kita jual perahu untuk didonasikan, angkanya tidak ada minimalnya, berapapun, siapapun bisa mengikuti donasi ini," jelasnya.

Lalu, pada tanggal 25 Juni, akan ada acara puncak yakni final lomba balap perahu naga, di mana pada hari itu akan ada pemenang dan pemberian hadiah dengan diiringi pentas seni.

"Kita berharap Peh Cun ini bukan hanya pentas seni, tapi juga sebagai masyarakat harus peduli lingkungan, gerakan bersih dan sehat. Melibatkan anak muda, saya berharap engga hanya mengenal budaya Cina peranakan tapi juga kebersihan, peduli sesama, kami acara donasi perahu ini, donasi bisa dikumpulkan untuk anak yang kena kanker, membantu selain pentas seni juga ada berharap sesuatu di sosial dan lingkungan," ungkapnya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya