Kasus Positif COVID-19 di Rutan Jambe Bertambah Jadi 145 Orang

Total 103 napi dan 42 petugas terpapar COVID-19

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di dalam Rumah Tahanan (Rutan) Klas 1 Tangerang, Desa Taban, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang bertambah menjadi 103 narapidana dan 42 petugas rutan. 

Hal itu diungkap juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi. 

"Hasilnya baru dilaporkan kepada kami semalam, total ada 103 napi dan 42 petugas yang terkonfirmasi positif COVID-19," ujar Hendra, Selasa (15/12/2020). 

Baca Juga: 42 Penghuni Rutan Jambe Tangerang Positif COVID-19

1. Swab test dilakukan oleh Ditjen PAS

Kasus Positif COVID-19 di Rutan Jambe Bertambah Jadi 145 OrangANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Hendra menuturkan, diketahuinya ratusan penghuni Rutan Jambe terpapar COVID-19 dari hasil swab test yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Permasyarakatan (Ditjen PAS). 

"Karena untuk di dalam rutan maupun lapas yang melakukan swab test itu pihak Kemenkumham dalam hal ini Ditjen PAS. Jadi kami hanya menerima laporan untuk dilakukan penanganan lanjutan," tutur Hendra. 

2. Ratusan napi diisolasi dalam ruangan khusus

Kasus Positif COVID-19 di Rutan Jambe Bertambah Jadi 145 OrangIlustrasi. WBP Lapas Kelas 1 Makassar yang dibebaskan. IDN Times/Lapas Kelas 1 Makassar

Hendra menerangkan, Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Tangerang telah melakukan pemantauan untuk pengobatan serta penanganan yang diawasi oleh puskesmas terdekat.

"Saat ini keseluruhan pasien itu sudah di dalam ruang isolasi khusus. Kami pantau melalui Puskesmas Jambe," terang Hendra. 

3. Para napi dan petugas yang terpapar COVID-19 berstatus OTG

Kasus Positif COVID-19 di Rutan Jambe Bertambah Jadi 145 OrangIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Dia pun memastikan ke-103 narapidana yang positif ini, keseluruhannya tanpa gejala atau OTG. Sehingga kesehatannya masih stabil dan bisa dipantau dari jarak jauh.

"Antar mereka menularnya, bisa jadi dalam sel mereka karena Rutan Jambe memang cukup penuh," kata Hendra.  

4. Pihak Rutan Jambe tidak perbolehkan keluarga napi berkunjung

Kasus Positif COVID-19 di Rutan Jambe Bertambah Jadi 145 OrangWBP Rutan Kelas 1 Makassar diberikan vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh, cegah COVID-19. IDN Times/Humas Rutan Kelas 1 Makassar

Kepala Seksi (Kasie) Pelayanan Tahanan di Rutan Kelas I Tangerang David Sipahutar mengatakan, sebelumnya, layanan kunjungan WBP memang telah dibuka, dengan fasilitas bilik khusus untuk menjaga protokol kesehatan COVID-19. Namun, dengan penemuan puluhan kasus itu, layanan itupun dihentikan sementara.

"Iya, layanan kunjungan kita hentikan sementara, karena kita akan fokus untuk penanganan COVID-19 di internal," katanya. 

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen PAS, Rika Aprianti mengatakan, dengan kasus tersebut, pihaknya merekomendasikan kunjungan difasilitasi dengan video call atau sejenisnya.

"Seluruh layanan dilakukan secara virtual, dalam artian tidak ada kunjungan bertemu langsung WBP dengan keluarganya," ujarnya.

Baca Juga: Ribuan Guru Honorer di Kabupaten Tangerang Terdampak Pandemik COVID-19

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya