Comscore Tracker

Ribuan Guru Honorer di Kabupaten Tangerang Terdampak Pandemik COVID-19

Guru honorer sekolah swasta paling terdampak

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Belasan ribu guru honorer di Kabupaten Tangerang terdampak pandemik COVID-19. Hal tersebut terlihat dari adanya penurunan kesejahteraan bagi guru honorer, terutama di sekolah swasta. 

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Tangerang, Bibing Sudarman menyatakan, ribuan guru honorer yang masuk organisasinya itu memiliki persoalan kesejahteraan.

"Ada 14.000 guru honorer di Kabupaten Tangerang. Nah, kalau swasta itu kondisinya yang di mana keuangan mereka berasal dari orangtua murid," ujar Bibing, Senin (14/12/2020). 

Baca Juga: 42 Penghuni Rutan Jambe Tangerang Positif COVID-19

1. Para guru honorer swasta menyiasati dengan sekolah daring

Ribuan Guru Honorer di Kabupaten Tangerang Terdampak Pandemik COVID-19Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Muhammad Zain, memberikan penjelasan mengenai subsidi upah bagi guru dan tenaga kependidikan non-PNS bidang agama di Jakarta, Kamis (26/11/2020). (Dok. Kominfo)

Bibing menuturkan, para guru honorer swasta menyiasati permasalahan kesejahteraan tersebut dengan membuka kelas daring, sehingga guru tetap mendapat pemasukan dari orangtua siswa.

"Tapi itu pun mereka harus tetap menggunakan kuota modal sendiri," kata Bibing.

2. Guru honorer di sekolah negeri masih mendapatkan BOP dari pemerintah

Ribuan Guru Honorer di Kabupaten Tangerang Terdampak Pandemik COVID-19Instagram.com/gurugurugokil

Berbeda dengan guru honorer di sekolah negeri. Bibing menyebutkan, mereka setidaknya masih mendapatkan honor, meski masih di bawah upah minimum.

"Tapi persoalannya, 60 persen sekolah negeri itu dihuni guru pegawai negeri sipil. Selebihnya adalah guru honorer. Karena itu kesejahteraan jadi dorongan dan aspirasi kami ke pemerintah," lanjutnya.

3. Pihaknya telah mengajukan terkait insentif untuk guru honorer

Ribuan Guru Honorer di Kabupaten Tangerang Terdampak Pandemik COVID-19Ilustrasi guru honorer (Dok. Pribadi/Ahmad Syaiful Bahri)

Bibing menuturkan, pihaknya sudah melakukan audiensi ke Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam membahas persoalan kesejahteraan guru honorer.

"Hasilnya, pemerintah akan mengupayakan soal bagaimana menanggulangi persoalan kesejahteraan guru honorer ini," tutur Bibing.

Namun, lanjut Bibing, meski di tengah pandemik kesejahteraan guru menurun, saat ini para guru menjadi lebih "melek" teknologi. Metode pembelajaran daring kepada murid selama pandemi COVID-19, menuntut guru untuk menguasai teknologi.

"Sebelumnya media pembelajaran daring itu tidak dilakukan. Tapi sekarang itu sudah menjadi kebutuhan dalam situasi saat pandemik ini. Tidak bisa lagi guru menghindar dari itu," kata dia.

Baca Juga: Minta Diangkat Jadi P3K, Guru Honorer Kota Tangerang 'Curhat' ke DPRD

Topic:

  • Maya Aulia Aprilianti
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya