Pengamat: Kampanye Door to Door Lebih Efektif di Tangerang

Pola pemilih Pilkada dan Pilpres berbeda

Tangerang, IDN Times - Masa kampanye untuk gelaran Pilkada sudah memasuki hari ke-5. Para pasangan calon kepala daerah terus menggunakan berbagai metode untuk menggaet hati para pemilih, mulai dari door to door hingga media sosial.

Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Voxpol Canter Research & Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, di Kota Tangerang terdapat dua dari tiga pasangan calon yang terlihat mendominasi kampanye, yakni Faldo Maldini-Fadhlin Akbar dan Sachrudin-Maryono Hasan. Sementara Amarullah-Bonnie Mufidjar banyak mengincar akademisi.

"Ya mereka punya kekuatannya masing-masing, Faldo-Fadhlin aktif memanfaatkan media sosialnya, dan Sachrudin-Maryono bersentuhan langsung dengan investasi sosial mereka yang sudah ada di masyarakat," ujar Pangi di Tangerang, Minggu (29/9/2024).

1. Faldo-Fadhlin menggaet anak muda, sedangkan Sachrudin-Maryono tatap muka

Pengamat: Kampanye Door to Door Lebih Efektif di TangerangIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Kata Pangi, yang juga merupakan seorang analis dan pengamat politik, Faldo-Fadhlin saat ini tengah gencar menggaungkan statusnya sebagai anak muda dan menunjukkan kemampuannya yang mahir di beragam platform media sosial.

Sementara Sachrudin-Maryono masih menggencarkan kampanye tatap muka dengan warga guna menjadi kunci mutakhir dalam memenangkan Pilkada 2024.

"Memang cara yang dilakukan Sachrudin-Maryono adalah pola lawas akan tetapi cara-cara tersebut masih ampuh dan tidak bisa dianggap remeh," kata dia.

2. Pola warga berbeda saat Pilpres dan Pilkada

Pengamat: Kampanye Door to Door Lebih Efektif di TangerangDok. Pemkot Tangerang

Menurut Pangi, kekuatan kampanye dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi memang mampu memenangkan Prabowo-Gibran pada gelaran Pilpres 2024 lalu. Namun dalam lingkup Pilkada, hal tersebut bisa berbeda lantaran warga lebih ingin kenal dekat dengan calon wali kota dan wakil wali kotanya.

"Memang kekuatan social media di era saat ini pengaruhnya sangat besar dan itu tidak bisa disanggah, pertanyaannya sekarang Gen Z ini tertarikkah dengan Pilkada? Apakah semuanya akan datang mencoblos ke TPS?," tuturnya.

3. Kampanye door to door akan membawa kesan tersendiri bagi pemilih Pilkada

Pengamat: Kampanye Door to Door Lebih Efektif di TangerangIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Menurutnya, dalam skala Pilkada 2024, pola yang memiliki pengaruh besar ialah pasangan calon yang terjun langsung menemui warga. Sebab dengan demikian sasaran pemilih yang ditemui bukan hanya satu dua orang, melainkan satu keluarga hingga lingkup yang lebih luas.

"Warga Kota Tangerang saat ini sudah pintar-pintar, mereka akan rasional. Ketika bertemu langsung dengan satu calon yang disukai atau dirasa cocok menjadi kepala daerah, pasti kesan itu akan disampaikan kepada orangtua, keluarga dan minimal orang-orang yang tinggal di sekitarnya," ungkap Pangi.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya