Sehari, Disnaker Tangerang Terima Pengajuan 5 Ribu Kartu Pencari Kerja

Pengajuan kartu kuning ini bisa dilakukan secara daring

Tangerang, IDN Times - Permintaan kartu kuning atau kartu tanda pencari kerja di Dinas Ketenagakerjaan meningkat, khususnya setelah Lebaran 2023. Periode tersebut dilihat dari Januari-April 2023.

"Januari sampai April 2023 ini sudah tercatat sebanyak 7.440 pengajuan. Dan di bulan ini pun terus meningkat," kata Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Disnaker Kabupaten Tangerang, Iis Kurniati, Rabu (10/5/2023).

Baca Juga: Jalan Rusak Mirip Kubangan Kerbau, Pemkab Pandeglang: Sabar

1. Ada sekitar 5 ribu pengajuan kartu kuning dalam sehari

Sehari, Disnaker Tangerang Terima Pengajuan 5 Ribu Kartu Pencari KerjaIDN Times / Nana Suryana

Iis mengungkapkan, ada sekitar 5 ribu permintaan kartu kuning dalam sehari. Ia menyampaikan pengajuan KA-1 tersebut terdiri dari beberapa golongan tingkat pendidikan, diantaranya yakni SLTA sederajat sebanyak 5.452 orang, SMP 389 orang, S1 sebanyak 445 orang, dan SD 111 orang.

"Tahun ini diprediksi akan mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2021 saja tercatat sampai 40 ribu orang mengajukan KA-1," jelasnya.

2. Pengajuan kartu kuning ini bisa dilakukan secara daring

Sehari, Disnaker Tangerang Terima Pengajuan 5 Ribu Kartu Pencari KerjaIDN Times / Nana Suryana

Ia mengungkapkan untuk pembuatan kartu kuning di wilayah tersebut, pencari kerja bisa melakukannya secara daring dan luring, karena saat ini sudah terdapat aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh warga.

"Proses pembuatan sekarang sudah online semua dengan melalui akun resmi milik Disnaker. Jadi setiap hari itu pasti banyak warga yang mengajukan KA-1," ungkapnya.

3. Dinas berharap, penempatan kerja naik 67 persen tahun ini

Sehari, Disnaker Tangerang Terima Pengajuan 5 Ribu Kartu Pencari KerjaPencari kerja Padati Job Fair 2023 di Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Dengan semakin banyak pengajuan kartu pencari kerja ini, Iis pun menargetkan penempatan kerja baru sebanyak 67 persen tahun ini, sesuai kebijakan kepala daerah setempat.

"Selain itu, kita juga tengah upayakan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan dalam target penyerapan kerja tersebut," tuturnya.

Baca Juga: Mau Belajar Bahasa Inggris? Ke Kampung Inggris Kota Tangerang Aja

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya