Jalan Rusak Mirip Kubangan Kerbau, Pemkab Pandeglang: Sabar

Dinas PU: anggaran pembangunan jalan terbatas

Serang, IDN Times - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Pandeglang Asep Rahmat angkat bicara soal ruas jalan penghubung Kecamatan Sukaresmi dan Kecamatan Patia yang disebut warga, mirip kubangan kerbau.

Asep mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pandeglang telah memperbaiki sebagian ruas jalan di daerah penghasil padi tersebut. Namun, ia mengakui hingga saat ini penanganannya belum tuntas karena keterbatasan anggaran.

"Saya memohon kepada masyarakat untuk bersabar. Kami juga sama keinginannya dengan masyarakat untuk menuntaskan jalan kabupaten, namun karena fiskal kita yang terbatas," kata Asep, Rabu (10/5/2023).

Baca Juga: Jalan di Pandeglang Rusak, Mirip Kubangan Kerbau

1. Masih ada 210 km jalan kewenangan Pemkab Pandeglang yang masih rusak

Jalan Rusak Mirip Kubangan Kerbau, Pemkab Pandeglang: SabarDok. Istimewa/apud

Asep menyampaikan, ruas jalan yang menjadi kewenangan Kabupaten Pandegalang cukup panjang, yakni mencapai 723 kilometer (km). Dari total jalan tersebut, pada tahun 2022, tercatat jalan kabupaten dengan kondisi rusak ringan dan berat mencapai 235,45 km. 

"Jumlah tersebut berkurang di tahun 2023, karena tahun ini Pemkab membangun jalan sepanjang 24,78 kilometer. Sehingga sisa jalan rusak atau tidak mantap di Pandeglang menyisakan 210,76 kilometer," katanya.

Baca Juga: Bupati Pandeglang Irna Narulita Miliki Harta Rp62 Miliar

2. Penanganan jalur Sukaresmi - Patia tidak masuk penganggaran tahun ini

Jalan Rusak Mirip Kubangan Kerbau, Pemkab Pandeglang: SabarDok. Istimewa/apud

Namun untuk perbaikan atau pembangunan jalur utama penghubung Sukaresmi - Patia,  diakui Asep, tidak masuk dalam anggaran murni tahun 2023 ini. Namun, ia berjanji akan mengupayakan penanganan jalan di daerah tersebut bisa diusulkan masuk dalam anggaran perubahan.

"Kalau ditangani sekarang harus masuknya di perubahan anggaran, kecuali perubahan anggarannya ada percepatan. Misalnya bulan Juni, nah di situ ada peluang waktu untuk mengusulkan penanganan jalan Cibungur-Patia," katanya.

3. Pemkab Pandeglang bakal meminta bantuan dana penanganan jalan ke pemerintah provinsi dan pusat

Jalan Rusak Mirip Kubangan Kerbau, Pemkab Pandeglang: SabarDok. Istimewa/Apud

Selain itu, pihaknya akan berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi Banten maupun pusat agar bisa membantu menangani jalan-jalan rusak di wilayah Pandeglang yang menjadi kewenangan kabupaten terutama ruas jalan Sukaresmi-Patia

"Penanganan pada ruas jalan tersebut membutuhkan anggaran cukup besar sehingga pengadaannya harus melalui tender," katanya.

Baca Juga: Hartanya Disorot, Bupati Pandeglang Irna Narulita Buka Suara

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya