Sejumlah Masjid di Tangerang Gelar Salat Id Hari Ini

Mereka mengikuti penetapan hari Iduladha dari Makkah

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Sejumlah Masjid di wilayah Kabupaten Tangerang melaksanakan Salat Iduladha pada Sabtu (9/7/2022). Sementara Kementerian Agama RI telah menetapkan Iduladha 1440 Hijriyah jatuh pada 10 Juli 2022 besok.

Salah satu masjid yang melangsungkan Salat Id berjamaah adalah Masjid Baiturrohim di Kampung Rawa Burung, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang. Sejak Jumat (8/7/2022) malam telah mengumandangkan takbir, pertanda telah masuk waktu Iduladha.

Masyarakat pun sejak pagi telah memenuhi masjid untuk melakukan Salat Id. Panitia masjid pun telah menggelar sejumlah karpet di lapangan masjid untuk para jemaah yang tak kebagian salat di dalam masjid.

Mangsur (50), salah seorang jemaah mengatakan, ia sebenarnya bukan penganut Muhammadiyah, namun lantaran masjid tersebut menetapkan Lebaran hari ini, maka ia pun mengikutinya.

"Nanti kalau saya Lebaran besok, salatnya harus di masjid yang jauh, jadi ikut kata pemuka agama kampung sini aja," ujarnya.

Baca Juga: Soal Perbedaan Waktu Iduladha, Ini Pesan MUI Kota Tangerang

1. Pengelola masjid mengikuti penetapan hari Iduladha di Arab Saudi

Sejumlah Masjid di Tangerang Gelar Salat Id Hari IniMasjid Raya Al Mashun dipadati jemaah salat Ied, Minggu (24/5). Warga tetap mengikuti salat berjamaah meski khawatir tertular COVID-19 (IDN Times/Prayugo Utomo)

Hasyim, salah satu pengurus masjid mengatakan, penetapan hari raya Iduladha di masjid tersebut sejak dulu mengikuti Arab Saudi, dimana terdapat kiblat umat Islam dari seluruh dunia.

"Di Arab Saudi kan hari ini ya, kita memang dari dulu ikut sana, waktu Idul Fitri juga sama, kita ikut Makkah, karena Ka'bah di sana kan, bareng sama yang lagi ibadah haji juga," kata Hasyim.

2. Ada juga warga yang Salat Iduladha hari ini, namun penyembelihan hewan kurban besok

Sejumlah Masjid di Tangerang Gelar Salat Id Hari IniWarga memotong daging kurban di di lingkungan RW 05 Perumahan Pasadena Kelurahan Kalipancur Ngaliyan. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Tak hanya di Masjid Baiturrohim, Musala Al Ikhlas yang terletak di Kampung Cilongok, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang juga melaksanakan Salat Id pada hari ini. Namun, kegiatan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan besok, Minggu.

"Rata-rata di sini (Pasar Kemis) Salat Id hari ini," kata Dinda (28) seorang jemaah.

3. Sejumlah warga Kota Tangerang juga ada yang merayakan Iduladha hari ini

Sejumlah Masjid di Tangerang Gelar Salat Id Hari IniIDN Times/Dok. Warga Iqbal

Tak hanya di Kabupaten Tangerang, warga di wilayah Kota Tangerang pun banyak yang melaksanakan Salat Id pada hari ini.

Salah satunya sebuah lapangan dekat UPT Puskesmas Cipondoh disulap menjadi tempat masyarakat menggelar Salat Id. Lapangan tersebut pun terlihat penuh dengan jemaah.

Di lokasi lainnya, yakni di Kampung Sangiang, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang pun masyarakatnya telah melaksanakan Salat Ied. Hal tersebut lantaran adanya instruksi dari ulama setempat. "Kalau saya, ikut kata ulama setempat aja," tuturnya.

Baca Juga: Pemkot Serang Pusatkan Salat Iduladha 1443 H di Alun-alun 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya