Anak Buah Airin Rayakan HUT RI dengan Lomba TikTok dan KPop

Peserta upacara bendera menggunakan Zoom

Tangerang Selatan, IDN Times - Perayaan HUT RI ke 75 di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) dipastikan tidak menggelar lomba yang mengumpulkan massa.

Lomba-lomba untuk memeriahkan hari kemerdekaan ini akan digantikan dengan lomba dengan cara virtual, seperti lomba menggunakan aplikasi TikTok, KPop dance, video kreatif pencegahan COVID-19, merias ruangan serta peragaan via Zoom.

Baca Juga: Pemkot Tangsel Janji Revitalisasi Monumen Lengkong

1. Airin: lomba tidak boleh melibatkan banyak orang

Anak Buah Airin Rayakan HUT RI dengan Lomba TikTok dan KPopIlustrasi TikTok. IDN Times/Arief Rahmat

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, pelaksanaan perayaan Hari kemerdekaan ini memang dirasa berbeda daripada tahun sebelumnya karena pandemik COVID-19. Sebagaimana imbauan pemerintah pusat bahwa, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan. Salah satunya adalah tidak melakukan kegiatan yang melibatkan orang banyak.

"Semoga dengan menggunakan sistem ini, kita tetap bisa merayakan Hari Kemerdekaan dan juga berupaya memutus mata rantai Penularan COVID-19," kata Airin dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Senin, (17/8/2020).

2. Perlombaan hanya untuk ASN

Anak Buah Airin Rayakan HUT RI dengan Lomba TikTok dan KPopHumas Pemprov Banten

Airi mengatakan, perlombaan ini diperuntukkan oleh seluruh ASN di Kota Tangsel dengan harapan di tengah pandemik ini semangat kemerdekaan tetap bisa dirasakan.

Selain itu, kata Airin, apel upacara anggota Paskibraka juga bakal dikurangi. Biasanya, tim paskibraka mencapai belasan kali ini hanya tiga orang saja. "Yaitu pengibar bendera saja," ujar Airin.

Bukan hanya tim paskibraka yang mengalami penyesuaian, namun juga peserta upacara yang pada tahun-tahun sebelumnya berkumpul di satu lapangan dan menyaksikan langsung upacara yang dilakukan.

"Kalau tahun ini, OPD seperti kecamatan hanya mengikuti upacara menggunakan aplikasi zoom, yang tersambung dengan prosesi pengibaran bendera di Pemkot Tangsel," lanjut Airin.

3. Untuk ASN di kelurahan, tahun ini mereka ikut upacara melalui zoom

Anak Buah Airin Rayakan HUT RI dengan Lomba TikTok dan KPopWebsite

Selain itu dari tingkat kelurahan juga tidak berkumpul di Kantor Kecamatan melainkan di kantor masing-masing. Dimana aplikasi zoom juga digunakan sebagai fasilitas partisipasi proses pelaksanaan upacara Peringatan HUT RI ke 75.

Kemudian setelah prosesi pelaksanaan Upacara, Airin menjelaskan salah satu hal yang biasanya dilakukan dalam proses perayaan ini adalah syukuran yang biasanya dilakukan pada saat setelah upacara. Hal tersebut ditiadakan, karena imbauan pemerintah untuk tidak melakukan kegiatan yang meliputi orang banyak.

"Sehingga kami memutuskan untuk menggantinya dengan santunan anak yatim, dimana hal tersebut jauh lebih bermanfaat," kata Airin.

Baca Juga: Lokasi Pengibaran Bendera Merah Putih Pertama di Banten Kini Jadi Mal

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya