Pemkot Tangsel Janji Revitalisasi Monumen Lengkong

#MenjagaIndonesia

Tangerang Selatan, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal merevitalisasi cagar budaya Monumen Lengkong yang berada di bilangan Serpong Tangsel.

Bangun ini dianggap bersejarah karena berkaitan dengan Peristiwa Daan Mogot yang merupakan simbol perjuangan para taruna di Tangerang pada masa kemerdekaan.

Baca Juga: Rumah Lengkong dan Bercak Darah Serdadu di Serpong Tangsel

1. Situs ini merupakan monumen perjuangan tentara TRI

Pemkot Tangsel Janji Revitalisasi Monumen LengkongRumah Lengkong Tangsel (IDN Times/M Iqbal)

Wakil Wali kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, situs yang didirikan pada tahun 1993 itu bernama Cagar Budaya Monumen Palagan Lengkong. Tempat bersejarah ini telah menjadi saksi bisu ketika puluhan pasukan Tentara Republik Indonesia (TRI) dibantai Jepang. Peristiwa itu kini dikenal sebagai Peristiwa Lengkong.

Dalam peristiwa berdarah itu Mayor Daan Mogot, Lettu Soetopo, dan Lettu Soebianto Djojohadikoesoemo yang merupakan paman dari Menteri Pertahanan Prabowo Soebianto gugur bersama 34 taruna TRI lainnya saat berunding dalam pelucutan senjata di markas tentara Jepang tersebut.

"Ketika perundingan hampir berhasil, tiba-tiba ada letusan senjata yang entah dilakukan oleh siapa. Karena dicurigai, Tentara Republik kemudian diserang. Semua yang mengikuti prosesi penyerahan senjata ini ya dibunuh sama Jepang, termasuk Mayor Daan Mogot yang ada di dalam melakukan perundingan," kata Benyamin, Jumat (14/8/2020).

2. Benyamin imbau masyarakat jangan lupakan peristiwa ini

Pemkot Tangsel Janji Revitalisasi Monumen LengkongIDN Times/M Iqbal

Atas aksi heroik para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan itu, Benyamin mengimbau warganya untuk tidak sekali-kali melupakan sejarah. Terutama, Monumen Lengkong yang menjadi kebanggaan Kota Tangsel ini.

"Saya berharap monumen sejarah ini tidak dilupakan oleh masyarakat Tangerang Selatan khususnya, umumnya masyarakat Tangerang. Bagi kita di Tangerang Selatan ini sebuah introspeksi menghargai kemerdekaan, menghargai pembangunan bahwa kita menikmati hari ini atas perjuangan darah dan nyawa yang ditumpahkan para pejuang kita," Benyamin.

3. Benyamin: Pancasila tidak tergantikan, NKRI harga mati

Pemkot Tangsel Janji Revitalisasi Monumen LengkongDok. Humas Pemkot Tangsel

Dalam momen kemerdekaan ini, Benyamin mengatakan bahwa kisah dan semangat para pejuang yang gugur di tanah Tangsel ini harus menjadi sebuah proses pembelajaran bagi masyarakat.

"Dalam membentuk jiwa nasionalisme Republik Indonesia. Pancasila tidak tergantikan, NKRI harga mati," pungkasnya.

Baca Juga: Rumah Pasien COVID-19 di Tangsel Nyaris Didemo Warga

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya