Antisipasi Omicron, Dinkes Kota Tangerang Siap Siagakan Seluruh Faskes

Belum ada kasus COVID-19 aktif di Kota Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Dini Anggraeni memastikan, pihaknya menyiap-siagakan seluruh fasilitas kesehatan di Kota Tangerang untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 akibat masuknya varian Omicron ke Indonesia.

"Prinsip penanggulangan COVID-19, 5M, 3 T, vaksinasi lebih diperkuat. Semua faskes (fasilitas kesehatan) siap-siaga dari sisi sarana prasara, alat kesehatan, obat-obatan dan bahan medis habis pakai (BMHP)," kata Dini kepada IDN Times, Kamis (16/12/2021).

1. Sebanyak 1.019 bed COVID-19 seluruh rumah sakit di Kota Tangerang siap dan siaga

Antisipasi Omicron, Dinkes Kota Tangerang Siap Siagakan Seluruh Faskesilustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Dini mengatakan, ada 1.019 bed khusus COVID-19 yang tersebar di rumah sakit baik milik pemerintah maupun swasta yang bersiaga. Jumlah itu, kata dia, bisa bertambah sesuai kebutuhan.

"Puskesmas saat ini 70 (bed) yang disiapkan. Lainnya akan diaktifkan jika dibutuhkan," kata Dini.

Baca Juga: IDI Minta Pemkot Tangerang Waspadai Munculnya Omicron 

2. Jika ada potensi Omicron, pemeriksaan genome sequence jadi langkah selanjutnya

Antisipasi Omicron, Dinkes Kota Tangerang Siap Siagakan Seluruh FaskesIlustrasi. Pengoperasian laboratorium PCR COVID-19. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Dini mengatakan, jika ada kasus konfirmasi, atau kecurigaan ke arah varian omicron, maka dilakukan pemeriksaan genome sequence. "Salah satu upaya surveilans aktif juga sudah dan terus berproses kita lakukan," kata dia.

Skrining PCR, kata Dini, juga berfokus pada pegawai dan warga sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka.

3. Belum ada kasus COVID-19 aktif di Kota Tangerang

Antisipasi Omicron, Dinkes Kota Tangerang Siap Siagakan Seluruh FaskesAlat PCR di RS Pertamina Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Dini menjelaskan saat ini, tidak ada kasus COVID-19 aktiv di Kota Tangerang. Pihaknya mengimbau agar masyaraka selalu taat protokol kesehatan serta turut mencegah prilaku yang berpotensi tertular COVID-19.

"Ditingkatkan lagi protokol kesehatan di masyarakat. Hari ini nol kasus," kata dia.

Baca Juga: Omicron Masuk, Satgas COVID-19 Hingga RT Tangsel Diaktivasi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya