Banyak yang Gak Tahu, Tangerang Punya Silicon Valley

Kamu yang tinggal di Tangerang, sudah tahu belum?

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Wacana pembangunan kawasan ala Silicon Valley di Bukit Algoritma di wilayah Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat tengah menjadi sorotan. Nah, di Kabupaten Tangerang sebetulnya ada juga kawasan ala Silicon Valley itu. 

Hal tersebut seperti dikatakan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar dalam live Instagram IDN Times bertajuk #SalamRamadan Cerita Indonesia bersama Pimpinan Redaksi IDN Times, Zulfiani Lubis.

Baca Juga: Pemprov Jabar Tak Tahu Ada Proyek Bukti Algoritma di Sukabumi

1. Di Kabupaten Tangerang juga ada Silicon Valley

Banyak yang Gak Tahu, Tangerang Punya Silicon ValleyDigital Hub BSD (Sumber: sinarmas.com

Dalam acara tersebut Zaki memaparkan, saat ini Silicon Valley Indonesia sedang dibangun di wilayah pengembang Sinarmas Land, Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

"Silicon Valley Kabupaten Tangerang berada di daerah Pagedangan tepatnya di kawasan pengembangannya perumahan pemukiman kawasan Sinar Mas Land," kata Zaki, Kamis (15/4/2021).

2. Digital Hub bakal disiapkan untuk perusahaan berbasis teknologi

Banyak yang Gak Tahu, Tangerang Punya Silicon Valleyinnfinity.in

Nama kawasan teknologi tersebut adalah Digital Hub. Kawasan ini dipersiapkan untuk kawasan komersial perusahaan-perusahaan berbasis teknologi.

"Di sana kan sudah ada beberapa perusahaan Digital Hub nasional dan internasional yang memang di desain untuk menjadi Silicon Valley Indonesia," kata Zaki.

3. Sinar Mas bangun Digital Hub menyerupai Silicon Valley

Banyak yang Gak Tahu, Tangerang Punya Silicon ValleyIDN Times/Indiana Malia

Sementara di website resmi Sinarmas, Kawasan ekonomi digital yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land ini, dibuat menyerupai Silicon Valley di San Francisco, dengan perusahaan-perusahaan teknologi terbesar di dunia, seperti Apple, Twitter, dan Facebook.

Corporate Communication & Public Affairs Division Head Sinar Mas Land, Panji Himawan, mengatakan di Indonesia, pengembangan kawasan ekonomi digital dilakukan secara visioner oleh Digital Hub Sinar Mas Land.

“Berkaca dari Silicon Valley, Sinar Mas Land memulai pengembangan ini secara organik dengan penyediaan perguruan tinggi untuk menyediakan digital talent pool,” kata Panji di kawasan The Breeze, BSD City, Rabu (4/12/2019).

Dengan digital talent pool yang mumpuni, diharapkan dapat melengkapi fasilitas dan infrastruktur berteknologi tinggi yang telah tersedia, seperti Apple, Huawei dan NTT.

“Kawasan Digital Hub didesain sebagai pusat tech commerce yang ekspansif dan berkelanjutan dengan tujuan menyediakan wadah bagi kreator dan inovator Indonesia, sebagai bagian dari Ekonomi 4.0,” paparnya.

Baca Juga: Silicon Valley Indonesia Segera Dibangun di Sukabumi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya