Benyamin Davnie Kecam Politik SARA di Pilkada Tangsel

Pilkada Tangsel sudah munculkan 3 pasang calon

Tangerang Selatan, IDN Times - Bakal Calon Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dari Partai Golkar, Benyamin Davnie mengecam politik yang menyinggung suku, ras, agama, dan dan antar golongan (SARA) dalam perhelatan pemilihan kepala daerah mendatang.

Apapun alasannya, kata Benyamin, Tangerang Selatan atau Tangsel adalah daerah multikultur budaya dan agama juga wilayah urban yang bisa siapa saja datang untuk hidup di Tangsel.

"Tidak ada tempat bagi penganut SARA di Tangsel, kegiatan politik semacam itu justru justru mencederai nilai-nilai toleransi yang kita anut bersama," kata Benyamin, Kamis (13/8/2020).

Baca Juga: Sah! PDIP Usung Muhamad-Rahayu Saraswati di Pilkada Tangsel 

1. Benyamin: Saya sangat tidak simpati dengan diksi dan politik SARA

Benyamin Davnie Kecam Politik SARA di Pilkada TangselBenyamin Davnie saat dipanggil Bawaslu Tangsel (ISTIMEWA)

Benyamin menegaskan, pilihan boleh beda, namun silaturahmi harus tetap terjaga tanpa harus mencederai nilai demokrasi dengan aktivitas intoleransi.

"Saya sangat tidak bersimpati dengan diksi dan gaya bahasa SARA dalam aktivitas politik, karena itu mengganggu dan menjadi parasit dalam kehidupan berbangsa bernegara," kata dia.

2. Konstitusi berikan kesempatan yang sama bagi semua warga negara

Benyamin Davnie Kecam Politik SARA di Pilkada Tangsel[Ilustrasi] Seorang disabilitas netra memasukkan surat suara kedalam kotak pada Pilpres 2019 lalu (IDN Times/Prayugo Utomo)

Konstitusi mencatat, lanjut Benyamin, semua warga negara punya kesempatan yang sama dalam hal dipilih dan memilih.

"Jauhkan politik SARA dari pikiran kita dan perbuatan. Kita rajut kebersamaan dalam Bhineka Tunggal Ika, kita pastinya akan melibatkan ornamen masyarakat, baik Forkopimda maupun lembaga penyelenggara Pemilu seperti KPU dan Bawaslu untuk bersama-sama menangkal politik SARA," kata Benyamin.

3. Tiga pasang calon sudah siap "tempur" di Pilkada Tangsel

Benyamin Davnie Kecam Politik SARA di Pilkada TangselIDN Times/Muhamad Iqbal

Sebagaimana diketahui, sampai saat ini sudah ada tiga pasang calon dalam perhelatan Pilkada Tangsel. Pertama, Benyamin-Pilar yang diusung partai Golkar dan PPP. Kedua, Muhamad-Rahayu Saraswati yang diusung Genrindra dan PDIP. Ketiga, Siti Nurazizah-Ruhamaben yang diusung PKS dan Demokrat.

Baca Juga: Golkar Usung Benyamin-Pilar di Pilwalkot Tangsel, Apa Prestasinya? 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya