Benyamin Larang Operasional Mobil Dinas Pemkot Tangsel Tak Lolos Emisi

Ini menjadi langkah mengurangi polusi udara

Tangerang Selatan, IDN Times - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie memastikan, pihaknya tidak akan menggunakan kendaraan dinas yang tidak lolos uji emisi. Pelarangan operasi mobil dinas di Pemkot Tangsel ini merupakan salah satu upaya penanganan pencemaran udara di wilayah tersebut.

"Untuk kendaraan dinas Pemkot kita uji emisinya. Jika parah, ambil kuncinya, kandangin. Seperti itu, kita sanksinya tegas aja. Jadi tidak digunakan lagi," kata Benyamin, Rabu (30/8/2023).

Baca Juga: Masih Pakai Batu Bara, PLTU 9 dan 10 Banten Klaim Ramah Lingkungan

1. Salah satu sumber polusi Tangsel adalah asap kendaraan

Benyamin Larang Operasional Mobil Dinas Pemkot Tangsel Tak Lolos Emisiilustrasi polusi udara pekat (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Benyamin mengatakan, salah satu penyumbang polusi di Tangsel adalah gas buang dari kendaraan.

"Jadi saya sasar itu dulu. Bus udah diperiksa juga. Nanti kita baru pabrik-pabrik," kata dia. 

Untuk itu, Benyamin mengaku sudah menginstruksikan DLH dan Dishub Tangsel untuk memeriksa kondisi udara dan emisi kendaraan. 

2. Modifikasi cuaca jadi salah satu solusi

Benyamin Larang Operasional Mobil Dinas Pemkot Tangsel Tak Lolos EmisiIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Dijelaskan Benyamin, pengujian gas emisi kendaraan ini telah menyasar kurang lebih 19 ribu kendaraan di Tangsel, dan untuk penindakan tilangnya, itu menjadi kewenangan pihak Kepolisian.

Selain itu, Pemkot Tangsel juga telah merencanakan untuk memodifikasi cuaca, dengan bekerja sama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

"Bahkan dalam laporan BPBD, penerbangan angkatan laut yang ada di Pondok Cabe itu juga akan memberikan bantuan hujan buatan. Kendalanya lagi tidak ada awan aja di Tangerang Selatan, tetapi siap tinggal menunggu kondisinya saja," ujarnya.

3. Soal siram-siram jalan pakai air, Benyamin nilai gak efektif

Benyamin Larang Operasional Mobil Dinas Pemkot Tangsel Tak Lolos EmisiDok. Pemkot Tangerang

Saat ditanya soal penyiraman yang dilakukan Damkar di beberapa kota, apakah nantinya juga diterapkan di Tangsel, Benyamin mengatakan bahwa Pemkot Tangsel saat ini belum memandang perlu, karena fungsi dari penyiraman hanya untuk pendinginan jalan saja.

"Karena kan saya melihat efektivitasnya dulu gitu kan. Kalau untuk ngademin jalan, iya bener bisa. Tetapi saya lebih kepada bagaimana menahan gas buang dari kendaraan," kata dia.

Baca Juga: Pj Gubernur Banten Minta Siswa di Tangerang Raya Pakai Masker

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya