Dinkes Kota Tangerang Gencarkan Imunisasi Tetanus untuk Anak SD

Imunisasi membantu meningkatkan imunitas anak

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang terus menggencarkan pemberian imunisasi yang menyasar anak-anak di Sekolah Dasar (SD) dan sederajat.

Memasuki bulan November ini, Dinkes Kota Tangerang mulai memfokuskan pemberian imunisasi dengan menyasar imunisasi DT (Dhipteria Tetanus) dan TD (Tetanus Diphteria). 

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Tangerang, Harmayani menuturkan, pemberian imunisasi DT dan TD ini dilakukan sebagai tahapan lanjutan dari pemberian imunisasi pada anak sekolah yang telah dilakukan saat bulan Agustus lalu.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Pemkot Tangerang Siapkan Rencana Antisipasi Banjir

1. Imunisasi ini merupakan salah satu rangkaian program BIAS

Dinkes Kota Tangerang Gencarkan Imunisasi Tetanus untuk Anak SDVaksin anak usia 6-11 tahun di Balikpapan. (IDN Times/ Fatmawati)

Saat ini, lanjut Harmayani, Dinkes Kota Tangerang menargetkan penuntasan aktualisasi Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dengan tujuan melindungi anak-anak di Kota Tangerang dari penyakit infeksi, seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertussis).

“Setiap tahun pada bulan Agustus dan November kami menggencarkan imunisasi dalam rangka BIAS. Khusus di tahap ini, kami memberikan imunisasi DT untuk anak kelas II atau berusia sekitar delapan tahun, dan TD untuk anak kelas V atau berusia sekitar sebelas tahun," kata Harmayani, Jumat (17/11/2023).

2. Imunisasi didapat secara gratis

Dinkes Kota Tangerang Gencarkan Imunisasi Tetanus untuk Anak SDIlustrasi suntikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain itu, pemberian imunisasi pada anak sekolah ini juga dinilai mempunyai dampak yang signifikan, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh dalam waktu yang lama, mencegah beberapa penyakit khusus, serta mengurangi potensi kematian pada usia anak-anak.

"Jangan lupa untuk seluruh masyarakat mengimunisasikan anak-anaknya. Layanan imunisasi ini bisa didapatkan di seluruh sekolah sesuai dengan jadwalnya masing-masing, serta tentunya bisa didapatkan secara gratis," kata Harmayani.

3. IDAI: Imunisasi lanjutan bagi anak sangat penting

Dinkes Kota Tangerang Gencarkan Imunisasi Tetanus untuk Anak SDVaksinasi massal di Gelora 10 November, Surabaya. (Dok. Pemkot Surabaya)

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Provinsi Banten, Didik Wijayanto menambahkan, pemberian imunisasi DT dan TD untuk anak sekolah ini merupakan langkah yang sangat penting bagi kondisi kesehatan di Kota Tangerang.

“Perlahan kita harus mengubah paradigma masyarakat bahwa imunisasi lanjutan untuk anak-anak sekolah ini sangat penting, tidak hanya terbatas untuk balita. Mengingat, imunisasi ini bisa mencegah dari penyakit-penyakit yang sangat berbahaya," kata Didik.

Baca Juga: 21 Ribu Lebih Pelajar Kabupaten Tangerang Putus Sekolah

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya