Musim Hujan Tiba, Pemkot Tangerang Siapkan Rencana Antisipasi Banjir

Rencana ini disusun bersama berbagai lembaga

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bersama pihak-pihak terkait mulai membahas dan menyusun Rencana Kontijensi Banjir di Kota Tangerang. Sejumlah hal menjadi perhatian, termasuk proses identifikasi hingga angkah-langkah mitigasi dalam menghadapi potensi banjir di Kota Tangerang.

“Ini merupakan langkah yang sangat penting sebagai prasyarat bagi tanggap darurat yang cepat dan efektif, khususnya untuk mengatasi potensi banjir di musim penghujan yang akan datang,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Maryono pada Rabu, (15/11/2023).

Baca Juga: Masuki Musim Hujan, BPBD Kota Tangerang Siagakan 300 Personel

1. Rencana Kontijensi Banjir di Kota Tangerang nantinya akan menjadi pedoman bersama

Musim Hujan Tiba, Pemkot Tangerang Siapkan Rencana Antisipasi BanjirHumas Pemkot Tangerang

Maryono mengatakan, Penyusunan Rencana Kontijensi Banjir di Kota Tangerang ini dilakukan secara bersama-sama dengan mengajak lembaga dan pelaku yang terkait dalam penanggulangan bencana.

Beberapa lembaga yang ikut pembahasan, seperti: Sekretariat Daerah Kota Tangerang, Dinas PUPR Kota Tangerang, DLH Kota Tangerang, Dinsos Kota Tangerang, Dinkes Kota Tangerang, Dinas Perkim Kota Tangerang, Diskominfo Kota Tangerang, Dishub Kota Tangerang, Satpol PP Kota Tangerang, serta diikuti perwakilan dari BPBD dan Dinas PUPR Provinsi Banten.

“Nantinya, Rencana Kontijensi Banjir di Kota Tangerang yang telah selesai disusun akan menjadi pedoman bersama dalam mengimplementasikan berbagai upaya mengatasi banjir, jika nantinya benar-benar terjadi,” kata dia.

2. Rencana Kontijensi Banjir akan rampung dalam waktu dekat

Musim Hujan Tiba, Pemkot Tangerang Siapkan Rencana Antisipasi BanjirDok. Pemkot Tangerang

Setelahnya, lanjut Maryono, Penyusunan Rencana Kontijensi Banjir di Kota Tangerang akan ditargetkan rampung dalam waktu dekat ini.

"Hal ini sangat penting sebagai langkah responsif untuk mengantisipasi potensi banjir yang kerap kali melanda di beberapa wilayah di Kota Tangerang," kata dia.

3. Tangerang masuk fase musim transisi

Musim Hujan Tiba, Pemkot Tangerang Siapkan Rencana Antisipasi Banjirilustrasi musim hujan (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Tangerang memastikan, Kota Tangerang saat ini belum memasuki musim penghujan secara penuh. Saat ini cuaca masih dalam masa transisi.

Pejabat Madya Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) BMKG, Maria Evi Trianasari menuturkan, berdasarkan perhitungan hasil Monitoring Dasarian III Oktober 2023, curah hujan secara umum yang terjadi di Kota Tangerang masih dalam kriteria rendah hingga menengah.

“Prakiraan awal musim penghujan di Kota Tangerang saat ini masih dalam kategori hujan ringan, artinya masih akan didominasi cuaca yang kering dengan satu atau dua kali hujan saja dalam sebulan,” kata Maria, Rabu (8/11/2023).

Baca Juga: BMKG: Tangerang Masuk Fase Musim Transisi ke Penghujan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya