Dinsos Kota Tangerang Makamkan Mr X Pria Terlantar di Tanah Tinggi

Mr X meninggal usai menjalani perawatan

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Sosial Kota Tangerang memakamkan seorang pria berstatus Orang Terlantar (OT). Semasa hidup, pria yang dinamai Mr X itu sempat dievakuasi dari sekitar lokasi pembuangan sampah di dekat Pom Bensin Tanah Tinggi, Kota Tangerang pada 26 Juni lalu. 

“Saat itu, OT ditemukan dalam kondisi yang linglung atau tidak bisa diajak komunikasi, sepenuhnya hanya diam saja. Di 28 Juni itu, OT langsung dibawa ke RPS (Rumah Perlindungan Sosial) dimandikan secara bersih untuk terlihat layak," jelas Kepala Dinsos Kota Tangerang Mulyani, Rabu (12/7/2023).

Keesokan harinya, kondisi pria itu menurun dan membutuhkan penanganan dokter. Petugas pun membawanya ke RSUD Kota Tangerang. 

Di sisi lain, dalam proses assessment, Dinsos tidak menemukan identitas diri pada tubuh pria itu.  Selama penanganan di rumah sakit pun, tidak adanya sanak saudara yang mencari. “Alhasil, (dia) kami beri nama Mr X," kata jelas Mulyani.

Baca Juga: Guru Ngaji di Tangerang Dapat Insentif Rp1,5 Juta Setahun

1. Mr X sempat mendapat perawatan intensif di RSUD Kota Tangerang

Dinsos Kota Tangerang Makamkan Mr X Pria Terlantar di Tanah TinggiIDN Times/Dok. Pemkot Tangerang

Mulyani mengatakan, Mr X kemudian mendapat perawatan selama 11 hari di rumah sakit. Diagnosa dokter, Mr X mengalami gangguan pernapasan dan pencernaan yang cukup berat, hingga kondisi fisik terus menurun setiap harinya. Mr X kemudian dinyatakan meninggal dunia pada 9 Juli 2023. 

Secara SOP untuk mendapat penanganan pemakaman orang terlantar, kata dia, Dinsos harus menunggu tiga hari untuk mencari dan menunggu kemungkinan adanya keluarga pada OT tersebut.

"Sambil memproses surat rekomendasi kepolisian untuk izin proses pemakaman pada OT tersebut,” imbuhnya. 

2. Di hari ketiga, tak ada keluarga yang mencarinya

Dinsos Kota Tangerang Makamkan Mr X Pria Terlantar di Tanah TinggiDok. Dinsos Kota Tangerang

Namun, hingga hari ketiga tidak ada keluarga yang mencarinya, Dinsos Kota Tangerang bersama RSUD Kota Tangerang, Dinas Perkim pun langsung bekerja sama melakukan penanganan pada jenazah Mr X,  mulai dari pemandian, mengkafani, menyolati, hingga pemakaman. Mr X sudah dimakamkan di TPU Kedaung Kota Tangerang. 

“Pelayanan orang terlantar ini sudah menjadi kewajiban untuk kita semua, terutama Pemkot Tangerang memanusiakan manusia," kata dia. 

Pelayanan ini pun, kata Mulyani, menjadi hak mereka untuk mendapat perlakuan yang layak sebagai seorang manusia hingga prosesi akhir atau wafat. "Di 2023 ini, Mr X menjadi jenazah orang terlantar ke delapan yang diberikan pelayanan pemakaman oleh Dinsos Kota Tangerang,” jelasnya.

3. Masyarakat menemukan orang terlantar, bisa hubungi ke sini

Dinsos Kota Tangerang Makamkan Mr X Pria Terlantar di Tanah TinggiIlustrasi Telepon. (IDN Times/Aditya Pratama)

Mulyani mengimbau, masyarakat Kota Tangerang yang menemukan orang terlantar dalam hal ini perlu dilakukan penanganan, dapat melapor ke Dinsos Kota Tangerang, untuk diproses ke Rumah Singgah atau Rumah Perlindungan Sosial Kota Tangerang.

“Masyarakat dapat telepon ke 021-5517339, atau whatsapp di 0895-6087-22422, Dinsos Kota Tangerang punya Tim Reaksi Cepat untuk menangani persoalan sosial khususnya mereka orang terlantar, ODGJ atau lainnya,” kata Mulyani.

Baca Juga: Polisi Tangkap Tersangka Penusuk WN Nigeria di Apartemen Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya