Dua Partai Poros Islam Besar di Tangsel Dukung Putri Wapres di Pilkada

Mereka membangun Koalisi Keumatan

Tangerang Selatan, IDN Times - Dua partai poros Islam pemegang kursi legislator terbanyak di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengusung bakal calon wali kota Siti Nurazizah-Ruhamaben dalam pertarungan Pilkada serentak Desember mendatang. Keduanya adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kedua partai tersebut bersama satu partai berhaluan nasionalis yakni Partai Demokrat, menamakan diri sebagai Koalisi Keumatan.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Banten, Achmad Fauzi dalam pidato di deklarasi pengusungan Siti Nurazizah-Ruhamaben oleh PKB, Selasa (1/9/2020) menyebut, bahwa partai pengusung Siti Nurazizah-Ruhamaben merupakan partai koalisi keumatan.

"Beliau (Nurazizah-Ruhamaben) mewalafkan dirinya untuk umat di Kota Tangsel. Pesan saya kepada para kader, kemenangan itu tidak hanya didiskusikan kemenangan harus diperjuangkan, setelah rapat kita bekerja keras, dari rumah ke rumah pintu ke pintu," kata Fauzi di depan kader PKB.

Baca Juga: PKB Usung Putri Wapres di Pilkada Tangsel?

1. Untuk kemenangan, kader PKB akan kordinasi dengan pengurus NU

Dua Partai Poros Islam Besar di Tangsel Dukung Putri Wapres di PilkadaANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Fauzi mengatakan, seluruh kader--baik dari tingkat bawah hingga pengurus daerah--harus segera melakukan koordinasi. Selain itu, dia juga meminta para kader PKB untuk berkoordinasi dengan dengan pengurus Nahdatul Ulama (NU) di Kota Tangsel.

"Semua harus terkonsolidasi dengan baik, ketua PAC harus kordinasi di tiap kecamatan. Kader harus koordinasi nanti dengan PCNU dan kaum Nahdliyin," kata Fauzi

2. Diusung PKB, Azizah: PKB adalah rumah

Dua Partai Poros Islam Besar di Tangsel Dukung Putri Wapres di PilkadaIDN Times/Muhamad Iqbal

Sementara itu, Siti Nurazizah dalam pidato sambutannya mengatakan, dengan datangnya rekomendasi ini merasa kembali ke rumah. "Allhamdulillah kami mendapatkan keberkahan di kesempatan yang baik. Kami mendapatkan legitimasi dari partai Besar partai PKB," kata Azizah.

Azizah mengatakan, Ruhamaben juga yang juga kulturnya dari NU atau Ahlu Sunah Waljamaah, yang merupakan dari UIN Jakarta. "PKB buat saya adalah rumah. Kita akan bersama-sama untuk membangun Tangsel agar lebih sejahtera dan lebih baik lagi," kata Azizah.

3. Melihat sejarah Pilkada Tangsel, Ruhama yakin menang diusung PKB

Dua Partai Poros Islam Besar di Tangsel Dukung Putri Wapres di PilkadaIDN Times/Muhamad Iqbal

Sementara itu, Ruhamaben dalam pidatonya mengaku yakin bisa memenangkan Pilkada Tangsel dengan datangnya dukungan dari PKB. Alasannya, selama Pilkada di Tangsel, calon yang diusung PKS dan PKB selalu menang. Selain itu, Ruhama menyebut PKB juga basisnya para ulama.

"Insya Allah kepercayaan ini adalah amanah untuk memajukan kota Tangsel. Kalau ada PKB selalu menang. Ini kerjasama yang harus dipelihara. Harus keumatan agar bersama para ulama yang banyak di PKB," kata Ruhama.

Baca Juga: Pilkada Tangsel, PKS Dukung Bacalon Azizah-Ruhamaben?

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya