Flyover Cibodas Direnovasi, Ini Skema Rute Alternatifnya

Jalan ini jadi jalur utama pengubung Banten bagian utara

Kota Tangerang, IDN Times - Jalan Utama Flyover Taman Cibodas Kota Tangerang direncanakan akan direnovasi dalam waktu dekat ini. Warga yang biasa melalui jalur ini pun diminta mewaspadai kemacetan yang muncul.

Proyek rehabilitasi atau renovasi yang dilakukan Kementarian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) tersebut menghasilkan konsekuensi penutupan jalur selama beberapa bulan ke depan, terhitung mulai Oktober 2023 sampai Juni 2024.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Achmad Suhaely mengatakan, pihaknya telah merencanakan skema pengalihan arus dan penentuan jalur alternatif untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Gelar Sayembara Logo Popda XI Banten

1. Ini rute alternatifnya

Flyover Cibodas Direnovasi, Ini Skema Rute AlternatifnyaDok. Pemkot Tangerang

Dishub Kota Tangerang akan mengarahkan para pengguna untuk melewati jembatan sementara yang terdapat di kolong flyover--baik dari arah Jalan Raya Merdeka menuju Jalan Raya Serang maupun sebaliknya.

Saat ini, kata Suhaely, Badan Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) telah berkoordinasi dengan pihaknya, terkait proses rehabilitasi di Jalan Utama Flyover Cibodas Kota Tangerang.

"Saat ini masih dalam tahap sosialisasi, koordinasi, dan persiapan tahap awal karenanya kami memperingatkan jauh-jauh hari terkait potensi hambatan di sepanjang perjalanan nanti,” kata Suhaely, Kamis, (12/10/2023).

2. Ini opsi alternatif lainnya

Flyover Cibodas Direnovasi, Ini Skema Rute AlternatifnyaDok. Pemkot Tangerang

Suhaely mengatakan, pihaknya juga telah menyediakan berbagai opsi jalur alternatif lainnya.

Berdasarkan skema pengalihan arus tersebut, pengguna jalan dari arah Jalan Raya Serang bisa belok ke Pasar Laris Taman Cibodas dan menutar sedikit melewati belakang Supermarket Tip Top, lalu keluar melalui Jalan Samping SPBU Pertamina menuju Jalan Raya Merdeka.

"Tentunya langkah-langkah antisipasi telah kami siapkan, seperti membuat rekayasa lalu lintas, pembuatan jalur alternatif, serta pembuatan jembatan sementara untuk memperlancar mobilitas kendaraan ke depannya,” jelasnya.

3. Pengguna jalan diminta menghindari jalan ini

Flyover Cibodas Direnovasi, Ini Skema Rute AlternatifnyaIlustrasi transportasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Selain itu, Dishub Kota Tangerang mengimbau kepada para pengguna jalan untuk beberapa waktu mendatang agar menghindari Jalan Utama Flyover Taman Cibodas untuk mengurangi kemacetan panjang yang telah diperkirakan akan terjadi.

“Kami mengimbau kepada seluruh pengguna Jalan Utama Flyover Cibodas Kota Tangerang untuk kedepannya menggunakan jalur alternatif yang telah disediakan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemacetan panjang selama proses perbaikan ini berjalan,” kata dia. 

Baca Juga: Persikota Kota Tangerang Siap Arungi Kompetisi Liga 3

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya