[FOTO] SPAM Senilai Rp300 M Ini Produksi Air Bersih 200 L/Detik

Sistem Penyediaan Air Minum ini dibangun BUMN

Tangerang Selatan, IDN Times - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pembangunan Perumahan (PP) melalui anak perusahaannya, yaitu PT PP Infrastructure tengah membangun proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di kota Tangerang Selatan (Tangsel). Mulai dibangun sejak 2018, SPAM ini diperkirakan bisa beroperasi pada 2021. 

Proyek ini dikerjakan dengan model business to business antara PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PT PITS) dan perusahaan bentukan PT PP Infrastructure, yaitu PT Tirta Tangsel Mandiri (PT TTM).

Dikuti dari website resmi kementerian PUPR, Direktur Utama PT PITS Dudung E Diredja menyampaikan bahwa proyek ini nantinya memiliki kapasitas dan bisa memproduksi 200 liter air per detik. 

Baca Juga: Polemik Jual-Beli Air Bersih di Tangerang Selatan oleh PT PITS

1. Proyek SPAM Kali Angke diklaim dapat beroperasi mulai tahun 2021

[FOTO] SPAM Senilai Rp300 M Ini Produksi Air Bersih 200 L/DetikLokasi galian pipa yang ada di jalan Siliwangi, Pamulang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

2. Proyek ini nantinya disebut bakal melayani 33 ribu sambungan rumah atau 167 ribu jiwa

[FOTO] SPAM Senilai Rp300 M Ini Produksi Air Bersih 200 L/DetikPembangunan Pipa jaringan di jalan Siliwangi, Pamulang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

3. Proyek dibangun meliputi unit air baku, produksi dan unit distribusi dengan pola Bangun, Guna, Alih/Built, Operate, Transfer (BOT) Plus

[FOTO] SPAM Senilai Rp300 M Ini Produksi Air Bersih 200 L/DetikBeberapa pekerja proyek SPAM di jalan Siliwangi, Pamulang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

4. PT PITS akan membayar volume air yang diproduksi oleh PT TTM sesuai dengan volume air yang diserap

[FOTO] SPAM Senilai Rp300 M Ini Produksi Air Bersih 200 L/DetikLokasi galian pipa yang ada di jalan Siliwangi, Pamulang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

5. Uniknya, air yang menjadi sumber SPAM berasal dari Kali Angke yang lebarnya tak lebih dari 6 meter

[FOTO] SPAM Senilai Rp300 M Ini Produksi Air Bersih 200 L/DetikKali Angke yang lebarnya tak lebih dari 6 meter sebagai sumber air SPAM (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Baca Juga: Polemik Jual-Beli Air, PKS Minta Airin Evaluasi PT PITS

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya