Guru Kota Tangerang Pecahkan Muri, Bikin Ratusan Video Pembelajaran

Video bisa ditonton atau diunduh di aplikasi Tangerang Live

Kota Tangerang, IDN Times – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang meluncurkan 750 video pembelajaran masa pandemik karya guru-guru di kota setempat. Peluncuran ini membuat Dindik meraih Museum Rekor Indonesia (Muri).

"Baru saja guru dan dinas pendidikan memecahkan rekor Muri, kaitan pembuatan 750 video pembelajaran," ujar Wali Kota (Wako) Tangerang, Arief R Wismansyah, Senin (13/7/2020).

1. Peluncuran video untuk menunjang KBM di masa pandemik COVID-19

Guru Kota Tangerang Pecahkan Muri, Bikin Ratusan Video PembelajaranIlustrasi belajar online di My School Palembang (IDN Times/Dokumen)

Arief mengatakan, ratusan video pembelajaran itu diluncurkan dalam rangka menunjang proses kegiatan belajar-mengajar (KBM) siswa di tengah pandemik COVID-19, yang mengutamakan pembelajaran daring.

"Semoga anak-anak tetap semangat belajar, terus kreatif dibimbing guru-guru. Semoga nanti masyarakat yang kesulitan akan kita beri bantuan, sehingga bisa ikut proses KBM," kata Arief.

Baca Juga: Curhat Siswa di Pelosok Banten, Terpaksa Kerja Beli Kuota Internet

2. Video ini akan diunggah ke Aplikasi Tangerang Live

Guru Kota Tangerang Pecahkan Muri, Bikin Ratusan Video PembelajaranDok. Pemkot Tangerang

Sekretaris Dindik Kota Tangerang, Jamaluddin menjelaskan, video pembelajaran dibuat oleh guru-guru di Kota Tangerang. Video untuk studi tingkat SD dan SMP pun akan diunggah ke dalam aplikasi Tangerang Live, bekerja sama Dinas Kominfo Kota Tangerang.

"Nanti sistemnya Dindik akan unggah video pembelajaran tersebut ke aplikasi Tangerang LIVE, lalu bisa diunduh wali murid ataupun murid itu sendiri," jelas Jamaluddin.

3. Wali murid diminta melapor jika menemui kendala

Guru Kota Tangerang Pecahkan Muri, Bikin Ratusan Video PembelajaranSalah seorang siswa yang memakai face shiled menjadi peserta upacara pembukaan MPLS di Kota Madiun. Dok.IDN Times/Diskominfo Pemkot Madiun

Jamaluddin berharap, para wali murid dapat berkomunikasi jika terdapat masalah, mulai dari kendala unduhan atau cara mempelajari materi. Mereka diminta melapor ke sekolah masing-masing melalui pesan daring.

"Jadi nanti guru pun akan membimbing wali murid maupun murid itu sendiri untuk mempelajari video pembelajaran tersebut," kata dia.

Baca Juga: Madrasah di Zona Hijau COVID-19 Mulai Belajar Tatap Muka Hari Ini

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya