Comscore Tracker

Harga Bawang Putih di Banten Melonjak, Pemda Gelar Operasi Pasar

Disperindag: sejumlah komoditi alami kenaikan harga

Serang, IDN Times - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Penyuluh Provinsi Banten Aan Muawanah menyebut, harga rata-rata bawang putih pada sejumlah pasar di Banten sepekan terakhir terpantau tinggi. 

Di sejumlah pasar, kata Aan, harga bawang putih masih di kisaran Rp60 ribu per kilogram. "Sementara kami melalui gelar pasar murah bawang putih ini menjual dengan Rp32 ribu per kilogram. Mudah-mudahan upaya ini bisa menurunkan harga," kata Aan, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (19/2).

Baca Juga: Polisi Bongkar Penyaluran TKI Ilegal di Serang, 2 Orang Ditangkap

1. Kebutuhan bawang putih warga Banten 1.000 kg per tahun, saat ini kekurangan suplai

Harga Bawang Putih di Banten Melonjak, Pemda Gelar Operasi PasarIDN Times/Debbie Sutrisno

Aan mengatakan, kebutuhan bawang putih warga Banten sendiri mencapai 1.000 ton dalam setahun. Untuk itu pihaknya melakukan giat operasi pasar untuk memenuhi kebutuhan itu. 

"Kondisi saat ini kekurangan suplai sehingga perlu dilaksanakan operasi pasar untuk menjaga stok dan harga bawang putih," kata Aan.

2. Pemda gelar operasi di lima pasar di Serang dan Cilegon

Harga Bawang Putih di Banten Melonjak, Pemda Gelar Operasi Pasarpexels.com/Buenosia Carol

Ia mengatakan, ada lima lokasi yang menjadi target pemerintah untuk menggelar operasi pasar, yakni Pasar Lama dan Pasar Rau di Kota Serang, Pasar Petir dan Pasar Baros di Kabupaten Serang serta Pasar Kranggot di Kota Cilegon.

"Penjualannya langsung ke konsumen melalui kendaraan yang kita siapkan. Jadi sasaran kita adalah konsumen atau masyarakat. Untuk kali ini bawang putih aja dulu," katanya.

3. Disperindag Banten sebut sejumlah komoditi di Banten alami kenaikan

Harga Bawang Putih di Banten Melonjak, Pemda Gelar Operasi PasarIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten Babar Suharso menjelaskan, adanya kenaikan harga sejumlah komoditas di Banten, seperti bawang putih, bawang merah dan cabai rawit. Tetapi sebagian sudah kembali turun . Harga bawang putih di sejumlah pasar di Banten saat ini rata-rata di atas Rp50 ribu per kilogram.

"Hari ini sudah ada upaya sinergi antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten atau kota serta satgas pangan Polda Banten dan juga Toko Tani Indonesia di bawah binaan Kementerian Pertanian. Tentu sinergi ini tujuannya untuk menurunkan atau menstabilkan harga bawang putih yang dilakukan secara nasional," kata Babar.

Baca Juga: Di Balik Polemik Aset, Proyek Puspemkab Serang Mangkrak 10 Tahun

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya