Kerugian Akibat Banjir di Tangerang Capai Rp1,3 Triliun

Arief optimis iklim investasi tak terganggu karena banjir

Kota Tangerang, IDN Times - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengungkapkan, kerugian akibat musibah banjir yang terjadi di kota Tangerang mencapai angka Rp1,3 triliun.

"Jumlah kerugian akibat bencana banjir sejak awal tahun mencapai Rp1,3 triliun kalau dihitung dari 13 kecamatan yang terdampak banjir," kata Arief, di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jumat (7/2). 

Baca Juga: Mulai Surut, Banjir Kota Tangerang Tinggal Setengah Meter

1. Arief mengklaim, banjir tak pengaruhi iklim investasi di Kota Tangerang

Kerugian Akibat Banjir di Tangerang Capai Rp1,3 TriliunIDN Times/Candra Irawan

Banjir yang datang pada Sabtu (1/2) itu masih bertahan hingga hari ketujuh. Hari ini, sebagian besar wilayah sudah kering dan menyisakan Kecamatan Periuk yang masih banjir dengan ketinggian 40-50 centimeter.

Arief memastikan, banjir belum berdampak terhadap iklim investasi di Kota Tangerang. "Kalau dampak ekonomi belum dirasakan di banjir kali ini," kata Arief.

2. Banjir masih landa enam titik di kota Tangerang

Kerugian Akibat Banjir di Tangerang Capai Rp1,3 TriliunIDN Times/Candra Irawan

Arief optimis, banjir yang masih menggenangi beberapa titik bisa surut paling lambat akhir pekan ini. Saat ini, ada enam titik genangan air di Tangerang. 

"Sekarang tinggal di wilayah Total Persada, Mutiara Pluit, Periuk Damai, terus Alamanda, Garden City, dan Purati. Jadi ada enam titik, mudah-mudahan air surut paling cepat besok. Jadi sekarang mohon dukungan," kata Arief.

3. Hari ketujuh, beberapa wilayah Kota Tangerang masih banjir

Kerugian Akibat Banjir di Tangerang Capai Rp1,3 TriliunIDN Times/Candra Irawan

Genangan air banjir makin surut di beberapa titik. "Banjir mulai menyusut per pagi ini," kata Syahrial, Kepala UPT Periuk BPBD Kota Tangerang, Jumat (7/2 ).

Beberapa titik, kata Syahrial, masih tergenang air setinggi 20-50 cm. Pertama, di pemukiman RW 7 dan 8 Perumahan Total Persada setinggi 40 cm.

Sementara di Perumahan Periuk Damai dan Mutiara Pluit masih digenangi air setinggi 40-50 cm. Sedangkan Garden City Residence masih direndam air 20 cm.

Sebagai perbandingan, pada awal Februari, keempat perumahan itu sempat digenangi air banjir hingga setinggi 2 meter. "Untuk di Cluster Alamanda dan Taman Elang sudah normal," katanya.

Baca Juga: Banjir Belum Surut, Sebagian Warga Periuk Nekat Kembali ke Rumah

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya