KIP Dibuang di Lebak, Polisi: Penyalurannya Dikuasakan ke Sekolah

Apakah penyaluran dana PIP tersebut sudah sesuai aturan?

Lebak, IDN Times - Kepolisian Resor (Polres) Lebak masih menyelidiki kasus temuan kartu dan kartu ATM Program Indonesia Pintar (PIP) milik siswa tingkat Sekolah Menengan Atas (SMA) yang berserakan di lapak rongsokan di Rangkasbitung pada Kamis, 6 April 2023.

Berdasarkan penyelidikan sementara, menurut Kasat Reskrim Polres Lebak Iptu Andy Kurniadi, berdasar penyelidikan sementara, sebagian besar aktivasi ribuan rekening dan penyaluran dana tersebut dikuasakan pada pihak sekolah.

"Hampir sebagian besar KIP tersebut dikuasakan ke sekolah untuk penyalurannya karena menghindari antrean yang panjang pada saat COVID-19," kata Andy kepada IDN Times, Rabu (26/4/2023).

Baca Juga: Kasus KIP di Lebak, Penyaluran Bantuan Pendidikan Masih Morat-marit

1. Apakah sudah sesuai dengan petunjuk pelaksanaan?

KIP Dibuang di Lebak, Polisi: Penyalurannya Dikuasakan ke SekolahIDN Times/Muhamad Iqbal

Ditanyai perihal apakah penyaluran kartu tersebut sudah sesuai dengan petunjuk pelaksanaan melalui aturan yang dilekuarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dari tahun 2020 lalu, Andy menyebut, pihaknya masih mendalami perihal terkait.

"Kalau itu kami masih dalami," ungkapnya.

2. Sebanyak 17 saksi sudah diperiksa Polres Lebak

KIP Dibuang di Lebak, Polisi: Penyalurannya Dikuasakan ke SekolahIDN Times/Arief Rahmat

Meski begitu, pihaknya memastikan telah memeriksa 17 saksi baik dari pihak sekolah, dinas, dan pihak bank.

"Dari hasil penyelidikan sementara kartu yg dibuang sudah tidak aktif dan tidak ada isinya, kartu tersebut harusnya dimusnahkan dan pemilik kartu tersebut sudah menerima uang KIP," kata Andy.

3. Sebanyak 3.699 KIP dibuang di Lebak

KIP Dibuang di Lebak, Polisi: Penyalurannya Dikuasakan ke SekolahDok. Polres Lebak

Sebelumnya, polisi menemukan 3.699 KIP di lapak rongsokan di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. Kasat Reskrim Polres Lebak, Iptu Andy Kurniadi bahwa dari jumlah itu, 699 kartu merupakan KIP untuk SMKN dan SMKS di wilayah Lebak. "Dan lebih dari tiga ribu dokumen dan kartu KIP untuk SMK, SMA, dan MTS di wilayah Pandeglang. (Kartu) di dalam 18 dus dan dua karung," kata Andy pada Senin (10/4/2023).

Baca Juga: 3.699 KIP yang Dibuang di Lebak Milik Siswa SMA, SMK, dan MTS

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya