Muhamad Maju di Pilkada, Bambang Noertjahjo Jabat Sekda Kota Tangsel

Muhamad mengundurkan diri karena jadi bakal calon wali kota

Tangerang Selatan, IDN Times - Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany melantik Bambang Noertjahjo sebagai penjabat sekretaris daerah (sekda). Jabatan Sekda Tangsel kosong setelah pejabat sebelumnya, Muhamad, memilih maju di Pilkada Serentak 2020. 

Diberitakan, Muhamad sudah mengajukan pengunduran diri karena menjadi bakal calon Wali Kota Tangsel bersama Rahayu Sarawasti. 

Baca Juga: Pilkada Tangsel: Muhamad Mengundurkan Diri, Benyamin Cuti

Baca Juga: Deklarasi Muhamad-Saras Diwarnai Insiden Pengusiran Staf Bawaslu 

1. Airin: jabatan yang kosong harus diisi untuk menjaga ritme kerja dan pelayanan

Muhamad Maju di Pilkada, Bambang Noertjahjo Jabat Sekda Kota TangselWali kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany (ANTARA News)

Dikutip dari situs ANTARA, Rabu (26/8/2020), Wali Kota Airin mengatakan, pengisian jabatan ini sesuai dalam ketentuan yang berlaku, yaitu Peraturan Presiden Nomor 3 tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah.

Pada hakikatnya, kata Airin,  pengisian kekosongan ini dilakukan agar kinerja dan juga pelayanan yang diberikan oleh birokrasi Pemerintah kota dapat berjalan dengan baik.

"Sekali lagi saya tekankan, pengisian ini semata-mata bertujuan untuk menjaga agar kinerja dan ritme pemerintahan di Tangsel dapat berjalan dengan baik," ungkap kata Airin. 

2. Pemkot Tangsel tengah berjibaku melawan COVID-19, butuh pejabat yang berkomitmen untuk mengatasi masalah itu

Muhamad Maju di Pilkada, Bambang Noertjahjo Jabat Sekda Kota TangselIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Airin juga menggarisbawahi, Pemerintah Kota Tangerang Selatan tengah fokus untuk memutus mata rantai COVID-19. Seperti diketahui, Tangsel termasuk yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dengan demikian, menurut Airin, dibutuhkan pejabat yang komitmen untuk mengatasi masalah ini. "Ekspektasi pekerjaan semakin tinggi, birokrasi dituntut untuk lebih mampu untuk selalu ada bagi masyarakat," ujarnya.

Birokrasi, imbuhnya, harus bisa bekerja dengan maksimal sesuai fungsinya sehingga kekosongan pun harus diisi. Dengan begitu program pemerintah dalam berbagai sektor bisa dilakukan dengan maksimal.

3. Amanat Airin untuk penjabat Sekda Tangsel yang baru

Muhamad Maju di Pilkada, Bambang Noertjahjo Jabat Sekda Kota TangselBambang Noertjahjo diangkat menjadi Sekretaris Daerah Kota Tangerang Selatan (Dok. ANTARA News)

Airin pun lantas menjabarkan sejumlah amanat kepada Bambang selaku Sekda Tangsel yang baru. Airin berharap, Bambang bisa mengerjakan tugasnya dengan baik dan benar. Kemudian membantu pemerintah untuk melakukan percepatan pembangunan daerah erta mempercepat pemutusan mata rantai COVID-19.

Adapun pejabat yang tepat adalah mampu memahami perannya sebagai ASN yang bertugas dalam proses pelayanan masyarakat dan membantu kepala daerah untuk mengayomi masyarakat.

Airin juga berpesan, seluruh pejabat harus memahami prioritas bekerja. Seorang pejabat, menurut dia, harus memahami mana yang menjadi skala prioritas mana yang bukan. "Dengan begitu pekerjaan bisa dilakukan dengan sangat maksimal," katanya.

Selamat bertugas ya Pak...

Baca Juga: Maju di Tangsel, Saras Tak Gentar Lawan Anak Wapres-Trah Dinasti Atut

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya