PDAM Lebak Sebut Layanan Air Terhenti Karena Pembangunan Klaster

Warga perumahan di Maja ini keluhkan air yang berhenti

Lebak, IDN Times - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lebak Cabang Maja mengungkapkan alasan terhentinya layanan air ke warga di Perumahan Permata Mutiara Maja yang sudah berlangsung sejak Rabu (13/7/2023) hingga hari ini. 

Kepala Cabang Maja PDAM Kabupaten Lebak, Erwin Setiaji memastikan bahwa permasalah ini merupakan dampak dari pembangunan perumahan di wilayah tersebut.

"Jadi karena pihak PMM (Permata Mutiara Maja) sedang membangun klaster baru dan mengubah jaringan pipa, ada kebocoran di reducer 300 ke 400, melesat, jadi ada senggang ruang kurang lebih ada 25 centimeter," kata Erwin kepada IDN Times, Kamis (13/7/2023).

Baca Juga: Warga Perumahan di Maja Keluhkan Layanan Air Terhenti

1. Proyek mengubah jalur dilakukan langsung pihak perumahan

PDAM Lebak Sebut Layanan Air Terhenti Karena Pembangunan KlasterIDN Times/Muhamad Iqbal

Erwin menyebut, proses pengubahan jaringan pipa tersebut dilakukan oleh pihak pengembang perumahan. Proses itu salah satunya memendam pipa lebih ke bawah tanah, karena pada bagian atas, sedang terjadi proses perataan tanah untuk keperluan pembangunan klaster baru.

"Yang ingin mengubah jaringan pipa dari PMM nya.  Kita hanya mengawasi membantu memberikan saran, mereka kan ganti jaringan yah, yang tadinya PPC diganti ke HDPE karena dilebihdalamkan lagi, karena jaringan yang lama itu (posisinya) agak atas itu yah karena ada perataan untuk pembangunan perumahan itu nah diubah lagi (sama PMM) agar lebih bawah lagi," ungkapnya.

2. Layanan air masih terhenti sampai Kamis sore dikarenakan pemadaman listrik

PDAM Lebak Sebut Layanan Air Terhenti Karena Pembangunan KlasterPetugas PLN memeriksa keandalan jaringan listrik. (dok. PLN)

Erwin menyebut, sebetulnya jaringan pipa sudah selesai diperbaiki dan siap kembali menyalurkan air ke rumah-rumah warga. Namun, lantara adanya pemadaman listrik oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN), layanan air ikut terhenti.

"Nah tapi di satu sisi ada pemberitahun dari PLN dari jam 10.00 ada pemadaman kemungkinan berlanjut sampai jam 15.00. Kalau dari PDAM itu sudah selesai itu nanti langsung jam 15.00 kita langsung jalankan. Saya kepala cabang Maja," kata dia.

Erwin mengaku, pihaknya sudah berjibaku untuk memperbaiki dan mempercepat normalnya layanan kepada warga. "Saya engga tidur semalam itu karena ingin cepat selesai, saya pulang jam 07.00 pagi itu," kata dia.

Baca Juga: Derita Warga di Maja, Jalan Desa Rusak Hingga Saingan Sama Truk

3. Warga Perumahan di Maja Keluhkan Layanan Air Terhenti

PDAM Lebak Sebut Layanan Air Terhenti Karena Pembangunan KlasterDok. PDAM Lebak

Sebelumnya, warga perumahan Permata Mutiara Maja di Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak mengeluhkan terhentinya layanan air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), sejak Rabu (12/7/2023) hingga Kamis siang (13/7/2023).

Ryan salah satu warga perumahan tersebut mengatakan, layanan air sudah terhenti selama 24 jam lebih, banyak warga akhirnya meminta air dari tetangganya yang memiliki sumur bor.

"Ada sih tetangga yang punya sumur bor, tapi masa iya kita bertahan sama itu terus," kata Ryan kepada IDN Times, Kamis (13/7/2023).

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya