Pemkab Lebak Klaim Wilayahnya Masih Belum Terjamah COVID-19

Pintu masuk ke Lebak diperketat

Lebak, IDN Times - Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak Firman Rahmatullahami menyebut bahwa hingga kini belum ditemukan ada yang positif terpapar COVID-19 di wilayahnya.

"Kami berharap Lebak terbebas penyebaran COVID-19. Ada dua dokter yang dinyatakan COVID-19, namun bukan warga Lebak," kata Firman seperti dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (21/4).

Baca Juga: Duh, Dokter di Kabupaten Lebak Positif Terinfeksi Virus Corona 

1. Ini rincian ODP dan PDP di Lebak

Pemkab Lebak Klaim Wilayahnya Masih Belum Terjamah COVID-19IDN Times/Candra Irawan

Firman mengatakan, berdasarkan data pada laman siagacovid19 lebakkab.go-id, per Rabu (22/4) jumlah kasus orang dalam pemantauan (ODP) tercatat 454 yang terdiri dari 84 orang dalam status pemantauan dan 370 orang dalam status aman.

Sementara untuk jumlah warga dengan status pasien dalam pengawasan (PDP) tercatat enam orang, terdiri dari tiga orang berstatus pengawasan dan tiga orang berstatus aman.

2. Pencegahan dilakukan di pintu masuk ke Kabupaten Lebak

Pemkab Lebak Klaim Wilayahnya Masih Belum Terjamah COVID-19IDN Times/Muhamad Iqbal

Dengan demikian, lanjut Firman, Pemkab Lebak berkomitmen untuk terus mencegah penyebaran COVID-19 dengan memaksimalkan pengawasan di 10 posko perbatasan yang masuk ke wilayah Kabupaten Lebak.

Pada posko pengawasan tersebut pihaknya melakukan pemeriksaan sopir dan penumpang dan jika ditemukan suhu tubuhnya di atas 38 derajat Celcius maka langsung dikarantina dan dirujuk ke puskesmas setempat untuk dilakukan observasi.

Selain itu, katanya, kendaraan mereka juga dilakukan penyemprotan cairan disinfektan dan semua penumpang dicatat datanya jika memiliki riwayat penyakit.

Menurut dia, pencegahan itu penting, sebab wilayah Kabupaten Lebak berbatasan langsung dengan daerah zona merah COVID-19, yakni Tangerang, Jakarta melalui jalur kereta rel listrik (KRL) dan Jawa Barat.

"Kami akan menolak jika warga luar daerah masuk ke Lebak dengan suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius," kata Firman.

3. Masyarakat diimbau untuk menaati aturan pemerintah untuk pencegahan COVID-19

Pemkab Lebak Klaim Wilayahnya Masih Belum Terjamah COVID-19(ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Menurut dia, pihaknya juga mengapresiasi berbagai elemen masyarakat, juga TNI dan Polri yang melakukan penyemprotan disinfektan di permukiman serta penyediaan pencuci tangan di tempat-tempat keramaian.

Di samping itu, masyarakat juga terus diimbau menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kami minta masyarakat tetap menaati aturan pemerintah agar Lebak terbebas COVID-19 dan tidak melakukan kegiatan yang mengundang orang banyak, juga menjaga kesehatan dan kebersihan serta tidak mendatangi pusat keramaian," katanya.

Baca Juga: Ritual Kawalu, Lockdown ala Suku Baduy

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya