Pemkot Tangerang Arahkan Siswa untuk Sedekah Minyak Jelantah

Apa manfaat minyak jelantah?

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Pendidikan Kota Tangerang mengimbau siswa dan guru di Kota Tangerang untuk menjalankan program Sedekah Minyak Jelantah, di sekolahnya masing-masing.

Hal ini mengingat, betapa penting dan bermanfaatnya program sedekah minyak jelantah, yang dapat diproduksi atau diolah oleh TPS3R, program Baznas, atau bahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang. Alhasil, minyak jelantah dapat lebih bermanfaat, karena ditujukan untuk bersedekah pada sesama.

"Sejauh ini baru sekadar imbauan, dan rencana Dinas Pendidikan akan membuat aturan baku melalui surat edaran yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kota Tangerang. Sehingga, secara pelaksanaannya Sedekah Minyak Jelantah di lingkungan sekolah dapat lebih masif dilakukan," kata Kepala Dinas Pendidikan, Kota Tangerang, Jamaluddin, Kamis (10/8/2023).

Baca Juga: 2 Juta Kendaraan di Provinsi Banten Nunggak Pajak 

1. Program ini diklaim bisa mengoptimalkan penanganan limbah

Pemkot Tangerang Arahkan Siswa untuk Sedekah Minyak JelantahIlustrasi Sampah Medis (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Jamal mengatakan, dengan adanya peran aktif siswa dan guru di lingkungan sekolah, penanganan limbah minyak jelantah di Kota Tangerang diharapkan dapat terlaksana lebih optimal. Sehingga bisa menambah pelestarian lingkungan.

"Mari kita bersama-sama menyelamatkan lingkungan dari limbah minyak jelantah dengan menyedekahkan minyak jelantah pada program ini. Sehingga pelestarian lingkungan Kota Tangerang dapat terjaga dan lebih sehat untuk para penerus Kota Tangerang," kata Jamal.

2. Dindik Kota Tangerang sudah bekerja sama dengan DMI dan DLH

Pemkot Tangerang Arahkan Siswa untuk Sedekah Minyak JelantahANTARA FOTO/Moch Asim

Diketahui, Dinas Pendidikan Kota Tangerang telah bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk menjalankan program sedekah minyak jelantah ini.

"DMI Kota Tangerang telah sukses menjalani program ini, memproses dan memproduksi minyak jelantah menjadi sabun dan bahan bakar alfernatif. Hasil penjualannya, diwujudkan menjadi umrah gratis hingga santunan anak yatim piatu di Kota Tangerang. Ini yang akan kita maksimalkan," katanya.

3. Apa itu minyak jelantah

Pemkot Tangerang Arahkan Siswa untuk Sedekah Minyak JelantahIlustrasi minyak jelantah bekas penggorengan (pixabay.com/2694568)

Minyak jelantah adalah limbah yang berasal dari penggunaan minyak goreng. Minyak jelantah dapat juga disebut sebagai minyak bekas pakai pada proses memasak atau menggoreng di rumah tangga.

Jika dilihat dari komposisi di dalamnya, minyak jelantah mengandung asam lemak bebas yang tinggi serta berbagai senyawa yang berisiko bagi kesehatan dalam jangka panjang. Penanganan yang tidak tepat seperti membuang minyak jelantah langsung ke lingkungan juga dapat berdampak buruk bagi ekosistem makhluk hidup sekitar serta menjadi sumber cemaran berbahaya.

Dengan demikian, perlu penanganan yang tepat agar limbah minyak jelantah dapat bermanfaat dan tidak menimbulkan kerugian dari aspek kesehatan manusia dan lingkungan, melalui pengolahan yang tepat, limbah minyak jelantah dapat dimanfaatkan menjadi berbagai produk yang sangat berguna.

Baca Juga: Pj Gubernur Banten Tetap Anggarkan Gaji Honorer Tahun 2024

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya