Pemkot Tangerang Bakal Bangun SPAM Berkapasitas 2.750 Liter per Detik

Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) ini proyek nasional

Kota Tangerang, IDN Times - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Benteng Kota Tangerang berencana membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) berkapasitas produksi 2.750 liter perdetik.

Proyek pengembangan SPAM ini akan malayani masyarakat Kota Tangerang yang berada di Zona 2, yakni Kecamatan Karawaci, Cibodas, Jatiuwung, dan Periuk. Kemudian Zona 3, yakni Kecamatan Karang Tengah, Pinang, Larangan, dan Ciledug.

Baca Juga: Pemkot Tangsel Janji Bakal Segera Benahi Genangan di Ceger Raya

1. Perumda Tirta Benteng hanya layani 19,11 persen dari total kebutuhan seluruh masyarakat Kota Tangerang

Pemkot Tangerang Bakal Bangun SPAM Berkapasitas 2.750 Liter per DetikIlustrasi aliram air dari saluran PDAM Tirta Musi Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Perumda Tirta Benteng, Doddy Efendy menuturkan, proyek pengembangan SPAM ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan air bersih masyarakat Kota Tangerang yang terbilang sangat tinggi. Oleh karenanya, penambahan kapasitas produksi dan penambahan jaringan distribusi dalam skala yang besar menjadi relevan dilakukan.

Apalagi sampai saat ini, Perumda Tirta Benteng hanya mampu memenuhi pelayanan sebesar 19,11 persen dari total kebutuhan seluruh masyarakat Kota Tangerang.

“Ini sangat-sangat penting, karena bagian dari tanggung jawab bersama bahwa pemerintah (lewat Perumda Tirta Benteng) harus hadir menjawab kebutuhan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya air bersih," kata Doddy Efendy, Kamis (4/4/2023).

Karena saat ini, Doddy, hanya Zona 1 yang baru terlayani. Zona ini meliputi wilayah  Kecamatan Neglasari, Batuceper, Cipondoh, dan Benda. 

2. SPAM akan dijalankan B to B

Pemkot Tangerang Bakal Bangun SPAM Berkapasitas 2.750 Liter per DetikIlustrasi Mitra Bisnis

Doddy mengatakan, proyek pengembangan SPAM ini akan dilakukan dalam bentuk pembangunan infrastruktur fisik yang menjadi bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN), meliputi pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA), reservoir, pembangunan jaringan perpiaan distribusi utama, jaringan perpipaan distribusi bagi, dan pipa retikulasi.

Nantinya, hasil dari pengembangan SPAM ini akan dijalankan secara business to business (solicited) dengan mekanisme pengembalian investasi melalui Tarif Pembelian Air Curah.

3. Pemerintah hanya beri rekomendasi

Pemkot Tangerang Bakal Bangun SPAM Berkapasitas 2.750 Liter per DetikArief R Wismansyah (Dok. Istimewa)

Nantinya, kata Doddy, proyek pengembangan SPAM ini bukan dibangun oleh pemerintah melainkan oleh pihak ketiga atau swasta.

"Sifatnya, pemerintah memberikan izin dan rekomendasi, mulai dari pembangunan, pengoperasian, dan pemeliharaan intake, IPA, reservoir, dan pompa distribusi, yang ini semua bagian dari ruang lingkup kerja sama. Terkait target waktu, kurang lebih 40 hari kedepan, proyek pengembangan ini bisa berjalan,” ungkapnya.

Baca Juga: Pemkab Tangerang Keluarkan Aturan Pengurangan Sampah Plastik

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya