Pemkot Tangerang Berencana Kembangkan Konsep Wisata Religi di Al Azhom

Masjid ini memiliki galeri dan kubah raksasa

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang akan mengembangkan Masjid Raya Al Azhom menjadi salah satu objek wisata religi serta pusat syiar dan dakwah agama Islam yang menjadi ciri khas Kota Tangerang.

Dengan adanya Galeri Islam di area masjid serta masjid yang diklaim memiliki kubah terbesar di dunia tersebut menjadi nilai lebih untuk melakukan promosi.

"Karena sudah dibuat galeri islam, area ini harus terus dijaga kebersihannya," kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga: Resmi Dimulai, Festival Al-Azhom Pamerkan Peninggalan Nabi Muhammad

1. Pejabat terkait diminta Arief rutin urus masjid ini

Pemkot Tangerang Berencana Kembangkan Konsep Wisata Religi di Al AzhomArief R Wismansyah (Dok. Istimewa)

Arief menginstruksikan kepada pejabat agar rutin membaharui konten serta materi yang ditampilkan di galeri Al Azhom. Selain itu, Arief juga minta pejabat menata area Masjid Raya Al Azhom.

"Konten di Galeri Islam setiap tiga bulan sekali harusnya diganti. Ini plaza juga kan luas, bisa ditata biar jadi ruang terbuka untuk masyarakat," terangnya.

2. Harus mampu jaga lokasi wisata

Pemkot Tangerang Berencana Kembangkan Konsep Wisata Religi di Al AzhomIDN Times/Muhamad Iqbal

Arief menjelaskan, jajaran OPD Pemkot Tangerang harus mampu menjaga dan mengembangkan lokasi-lokasi wisata baru di Kota Tangerang dengan tidak mengesampingkan lokasi yang sebelumnya sudah dibangun.

"Misalnya venue cabor, kalau Porprov selesai harus bisa terus dimanfaatkan oleh masyarakat," kata dia.

3. Masjid ini lokasi festival Al Azhom

Pemkot Tangerang Berencana Kembangkan Konsep Wisata Religi di Al AzhomMasjid Al Azhom, Kota Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Sebelumnya, Festival Al-Azhom digelar pada Jumat (23/9/2022). Festival ini merupakan rangkaian kegiatan serta pameran bernuansakan religi agama Islam.

Festival Al-Azhom ke-9 ini akan berlangsung hingga Rabu (5/10/2022) dengan berbagai rangkaian acara, diantaranya pameran peninggalan Nabi Muhammad.

"Alhamdulillah, Festival Al-Azhom ke-9 yang rencananya akan digelar selama 13 hari sudah dibuka. Selain dapat menikmati kuliner, bisa juga menyaksikan perform gambus, Tabligh Akbar oleh Ust. Zaky Mubarak, dan penampilan spesial sholawat oleh Yusuf Al-Lampungi," ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaonang, kala itu.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Tangerang Raya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya