Pemkot Tangerang Gunakan E-Rapor untuk SD dan SMP

E-Rapor bisa diakses melalui aplikasi dan website 

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang memastikan saat ini, penggunaan sistem e-Rapor telah digunakan hampir seluruh Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kota Tangerang.

Kepala Dindik Kota Tangerang Jamaluddin menuturkan, penggunaan e-Rapor ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi dalam proses administrasi pembelajaran, khususnya pelaporan hasil akhir proses pembelajaran para siswa.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Piknik Keluarga di Tangerang

1. E-Rapor diklaim mudahkan sekolah dan siswa

Pemkot Tangerang Gunakan E-Rapor untuk SD dan SMPIlustrasi PPDB di Lebak di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Jamal mengatakan, penggunaan e-Rapor ini dapat memudahkan banyak pihak, seperti memberikan kemudahan pendataan bagi guru, memberikan kemudahan orangtua untuk mengakses serta mengetahui hasil pembelajaran anak-anaknya.

E-Rapor ini merupakan sistem baru yang memudahkan semua pihak, baik satuan pendidikan, guru, maupun orangtua.

"Semisal, lewat e-Rapor, satuan pendidikan bisa mangarsip data lebih efesien, guru-guru yang tidak terbebani dengan tugas administrasi, maupun bagi orang tua yang bisa mengakses secara langsung hasil perkembangan proses pembelajaran anak-anaknya,” ujar Jamaluddin pada Rabu (28/6/2023).

2. E-Rapor dilengkapi beragam fitur

Pemkot Tangerang Gunakan E-Rapor untuk SD dan SMPilustrasi aplikasi-aplikasi (pixabay.com/JESHOOTS-com)

Jamal mengatakan, e-Rapor sendiri dilengkapi fitur-fitur yang membuatnya lebih unggul dari rapor konvensional pada umumnya.

Penggunaan e-Rapor dilengkapi dengan fitur sistem yang terintegrasi, untuk Peniaian Harian, Penilaian Tengah Semester, dan Penilaian Akhir Semester/Tahun, fitur penilaian deskriptif, serta fitur aksesibilitas bagi orangtua/wali yang semuanya mampu meringankan beban admistratif bagi guru-guru dan satuan sekolah di Kota Tangerang.

“Lewat e-Rapor, semua data hasil proses pembelajaran telah terhimpun secara otomatis dan terintegrasi, kita juga dapat melihat perkembangan nilai tiap nilai secara terperinci, serta e-Rapor juga menyediakan rapor digital yang bisa diunduh kapan pun,” kata dia.

3. E-Rapor bisa diakses melalui aplikasi dan website

Pemkot Tangerang Gunakan E-Rapor untuk SD dan SMPilustrasi aplikasi (unsplash.com/William Hook)

Kini, penggunaan e-Rapor di Kota Tangerang juga telah bisa diakses dengan mudah melalui portal e-rapor.tangerangkota.go.id dan super apps Tangerang LIVE.

Baca Juga: Polisi Gagalkan Penyelundupan 48 Kg Narkotika dari Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya