Comscore Tracker

Pemkot Tangerang Launching Sekolah Inklusi 

Ada 13 TK, 53 SD dan 13 SMP bagi anak berkebutuhan khusus

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang meluncurkan program sekolah inklusi sebagai bentuk perhatian anak berkebutuhan khusus. Dengan sekolah ini, diharapkan anak dengan kebutuhan khusus bisa mendapat kesempatan untuk belajar, seperti anak pada umumnya. 

"Kita mendorong untuk bisa memberikan standar pendidikan yang sama terhadap anak-anak kebutuhan khusus," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Kamis (20/5/2021).

Baca Juga: Bansos Tunai untuk 171.934 Warga Kota Tangerang Cair Juni 2021

1. Sekolah inklusi ini terdiri dari 13 TK, 53 SD, dan 13 tingkat SMP

Pemkot Tangerang Launching Sekolah Inklusi Ilustrasi sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Menurutnya, ada 13 taman kanak-kanak (TK), 53 sekolah dasar (SD), 13 sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Tangerang yang menerapkan sekolah inklusi.

"Jadi ini bentuk perhatian pemerintah agar semua anak-anak dengan segala potensi kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, terus bisa menggali dan juga mendorong potensi terbaiknya baik untuk anak-anaknya maupun lingkungan sekitar," imbuh Arief.

2. Ada dua skema dalam pembelajarannya

Pemkot Tangerang Launching Sekolah Inklusi Anna Oktaviani, penyandang disabilitas cerebral palsy sedang menulis melalui komputer tablet di Roemah Difabel Semarang. IDN Times/Anggun Puspitoningrum.

Dalam proses pembelajarannya, terdapat dua skema pembelajaran. Ada yang belajar bersama, ada kelas khusus.

"Jadi ada materi yang bareng-bareng, yang dia bisa ikutin, nanti ada materi yang enggak bisa dia ikutin nanti ada guru khusus bisa membimbing mereka untuk tetap bisa ikuti proses belajar mengajarnya," paparnya.

Baca Juga: Solidaritas untuk Palestina, Warga Kota Tangerang Galang Dana

3. Peluncuran program ini bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional

Pemkot Tangerang Launching Sekolah Inklusi Dok. Humas Pemkot Tangerang

Peluncuran program ini bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Pemerintah Kota Tangerang meresmikan berjalannya program "Sekolah Inklusi" mulai dari jenjang Taman Kanak - Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Baca Juga: Heboh, Lord Rangga Sebut Amerika Dimerdekakan Banten 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya