Pemkot Tangsel Akan Kembali Kirim Sampah ke TPA Cilowong Serang

Jumlahnya berkurang, kini hanya 280 ton per hari

Tangerang Selatan, IDN Times - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan kembali mengirim sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cilowong, Kota Serang.

Saat ini, pengiriman ke TPA Cilowong sedang berhenti sementara lantaran Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel dan Pemkot Serang tengah bermusyawarah dengan warga--agar tak ada lagi penolakan seperti kejadian sebelumnya.

"Kalau ke Cilowong sesuai kesepakatan 400 ton sehari. Tapi setelah ada kesepakatan dengan Nambo juga, di Cilowong sekarang berkurang jadi 280 ton per hari," kata Kepala DLH Tangsel, Wahyunoto Lukman, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: Warga Protes Sampah Tangsel, Wali Kota Serang: Sampah Bau Kalau Dicium

1. Pemkot Tangsel bermusyawarah dengan warga, agar situasi sekitar TPA kondusif

Pemkot Tangsel Akan Kembali Kirim Sampah ke TPA Cilowong Serang(ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Menurut Wahyu, pengiriman sampah ke Kota Serang akan dimulai lagi setelah pihaknya selesai bermusyawarah dengan warga sekitar TPA Cilowong dan ada kesepakatan atas biaya kompensasi dampak negatif terhadap warga.

"Karena warga sekitar kan dia tahu, sampah yang datang di luar kapasitas, dia kan tahu," kata Wahyu.

Proses ini, kata dia, penting untuk menjaga agar pengiriman sampah ke TPA Cilowong nantinya kondusif dan tidak ada penolakan lagi dari warga. "Kita musyawarah dengan warga, kita berikan pengertian, kita beri kompensasi dampak negatif, itu sedang dinegosiasikan untuk kerja sama," jelas dia. 

2. Tangsel juga akan kirim sampah ke Bogor

Pemkot Tangsel Akan Kembali Kirim Sampah ke TPA Cilowong SerangIIustrasi sampah (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Seblumnya, Pemkot Tangsel berencana mengirim sampah ke TPA milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Nambo, Kabupaten Bogor.

Dinas Lingkungan Hidup Tangsel menargetkan dalam waktu dekat akan  menguji coba dengan mengirim 50 ton sampah per hari ke Nambo, sebelum mengirim sesuai target 120 ton per hari.

"Nambo rencananya 120 ton per hari, tapi ternyata Nambo kan belum siap. Biar aja engga masalah running jalan sambil uji coba. Kemungkinan kita dapat slot bisa 50 ton per hari," kata Kepala DLH Tangsel, Wahyunoto Lukman ditemui di kantor Wali Kota Tangsel, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga: Pertemuan Deadlock, Warga Ancam Setop Kiriman Sampah Tangsel Selamanya

3. TPA Nambo belum siap

Pemkot Tangsel Akan Kembali Kirim Sampah ke TPA Cilowong SerangIDN Times/Muhamad Iqbal

Kata Wahyu, fasilitas TPA Nambo, saat ini disebut belum siap sehingga sampah belum bisa dikirim ke sana. 

"Kita enggak bisa memaksakan untuk langsung mengirim sampah, ini tergantung kesiapannya Nambo. Nambo sendiri masih sedang proses ya, finishing untuk proses pengadaan insenerator dan lain-lain," kata Wahyu.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya