Penjual Pernak-pernik Imlek Ramaikan Pasar Lama Tangerang

Imlek akan berlangsung 22 Januari mendatang

Kota Tangerang, IDN Times - Jelang tahun Cina atau Hari Raya Imlek, suasana di kawasan Pasar Lama Kota Tangerang sudah mulai terasa. Beberapa kios menjual berbagai macam pernak-pernik untuk Imlek pun mulai terlihat.

Salah satu pedagang, Asep yang sudah 18 tahun berjualan mengatakan,  penjualan pernak-pernik Imlek di tahun 2023 ini cenderung stabil.

"Untuk penjualan tahun ini, hampir sama dengan tahun kemarin. Tidak ada perubahan yang signifikan, meskipun tahun kemarin masih pandemik," kata Asep, Rabu (18/1/2023).

Baca Juga: Kisah R, Bocah Tangerang yang Berhasil Kabur dari Penculiknya

1. Berbagai pernik-pernik sudah tersedia di Pasar Lama Kota Tangerang

Penjual Pernak-pernik Imlek Ramaikan Pasar Lama TangerangPasar Lama Tangerang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Berbagai pernak-pernik Imlek pun hadir di Pasar Lama, mulai dari lampion, angpao, petasan, dan gantungan-gantungan atau aksesoris lainnya. Harganya beragam, mulai dari Rp10 ribu, hingga ada yang mencapai Rp1,5 juta.

"Untuk produknya, sama saja peminatnya. Tidak ada yang lebih banyak terjual. Baik angpao maupun lampion, semua sama-sama banyak peminatnya," ungkap Memen, pedagang pernak-pernik Imlek lainnya. Memen mengaku sudah berjualan selama 29 tahun di kawasan Pasar Lama Tangerng.

Baca Juga: Polres Tangerang Siapkan Tim Penjinak Bom Sebelum Imlek

2. Pedagang berharap ekonomi meningkat

Penjual Pernak-pernik Imlek Ramaikan Pasar Lama TangerangPertunjukkan barongsai mewarnai acara doa bersama, selamatan dan ketuk pintu jelang Imlek di Kelenteng Tay Kak Sie Semarang, Minggu (23/1/2022). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Di tahun baru Cina ini, para pedagang berharap ekonomi terus berjalan dan kembali pulih seperti semula, sebelum pandemik melanda. Semua kegiatan pun bisa berjalan normal.

"Saya harap, yang paling penting adalah ekonomi kembali pulih, normal kembali, dan masyarakat kita supaya semakin sejahtera semuanya," kata Memen.

3. Etnis Tionghoa di Kota Tangerang disebut Cina Benteng

Penjual Pernak-pernik Imlek Ramaikan Pasar Lama TangerangIDN Times/Muhamad Iqbal

Etnis Tionghoa di Kota Tangerang terkenal dengan sebutan Cina Benteng. Kata "Cina Benteng" cukup familiar di telinga mereka yang tinggal di Tangerang hingga Jakarta. Kata ini melekat pada orang-orang Tionghoa yang ada di Tangerang serta seluruh jajanan kuliner mereka yang sangat khas di pecinan Pasar Lama Tangerang, Banten.

Masyarakat Cina Benteng yang hidup di tepian Sungai Cisadane tersebut pernah mendominasi dalam ekonomi dan budaya di wilayah yang kini disebut Tangerang.

Baca Juga: Batik Kampung Tehyan, Cindera Mata Tangerang Khas Cina Benteng

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya