Polresta Tangerang Pasang ETLE di Simpang Tigaraksa dan Balaraja

Petugas pasang ETLE mobile dengan drone

Tangerang, IDN Times - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tangerang memasang kamera pengawas tilang elektronik dengan menggunakan kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) di dua titik simpang jalan di daerah itu.

"Kami pasang di lampu merah Tigaraksa dan simpang jalan Balaraja," kata Kasat Lantas Polresta Tangerang, Kompol Fikri Ardiansyah, dikutip dari kantor berita ANTARA, Selasa (28/2/2023).

Baca Juga: Polda Banten Uji Coba Tilang Elektronik Pakai Drone

1. Saat ini, petugas masih menyempurnakan posisi kamera

Polresta Tangerang Pasang ETLE di Simpang Tigaraksa dan Balarajailustrasi drone (pixabay.com/LaurentSchmidt)

Fikri menjelaskan, petugas masih menyempurnakan posisi kamera pengawas tilang elektronik di dua titik simpang jalan itu. Dia berharap, kamera berfungsi dengan maksimal saat pengoperasian.

"Kalau untuk pengujicobaan perangkatnya, nanti setelah pemenuhan sarana dan prasarananya," katanya.

Ia mengungkapkan, selain menempatkan dua kamera ETLE di beberapa titik tersebut, pihaknya sudah memasang satu kamera pengawas portable yang akan dapat berpindah sewaktu-waktu oleh petugas.

"Kita sudah pasang ETLE mobile dan kamera drone. Itu sudah lama kita ujicoba sistem itu," ujarnya.

2. Dua ruas jalan yang dipasang ETLE karena sering macet

Polresta Tangerang Pasang ETLE di Simpang Tigaraksa dan BalarajaIlustrasi tilang elektronik atau ETLE di Makassar. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Menurut dia, kamera ETLE ini sudah dilengkapi teknologi intelligent video analytics untuk memudahkan monitoring secara detil dan otomatis. Pusat informasi dan data tilang elektronik tersebut akan dipantau dari petugas.

Dia memastikan dua ruas jalan yang dipasang sebagai titik penerapan tilang elektronik sudah sesuai, karena ruas jalan tersebut merupakan jalur yang selalu dipadati pengguna jalan.

3. PLN bangun SPKLU di Tol Tangerang-Merak

Polresta Tangerang Pasang ETLE di Simpang Tigaraksa dan BalarajaIDN Times/Galih Persiana

Sebelumnya diberitakan, PLN UID Banten menambah lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah Kabupaten Tangerang. Penambahan SPKLU itu juga bentuk dukungan untuk persiapan angkutan mudik Lebaran 2023. 

"Tepatnya di kawasan Tol Cikupa Rest Area Km 43 arah Merak. Mengingat saat ini, sudah banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik," kata Manager PLN UP3 Cikupa, Sumarsono, Selasa (28/2/2023).

Untuk SPKLU yang berada di Rest Area KM 43, PLN menyediakan tipe yang fast charging. Para pemilik kendaraan listrik bisa mengisi  daya kendaraannya selama 45 menit dengan posisi baterai 20 persen.

"Untuk biaya yang dikenakan akan disesuaikan dengan pengisian daya," ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Satu-satunya di Banten yang Punya Publict Transport

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya