Profil Sekolah MAN Insan Cendekia Serpong, Unggulan di Tangsel

Sekolah ini diinisiasi oleh BJ Habibie loh

Tangerang Selatan, IDN Times - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong merupakah salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) unggulan di wilayah Banten, bahkan Indonesia.

Sekolah yang beralamat di BSD sektor XI, Jalan Cendekia, Serpong, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan ini dalam beberapa tahun terakhir menjadi sekolah dengan nilai UTBK tertinggi di Indonesia.

Berikut profil MAN Insan Cendekia yang dihimpun IDN Times.

Baca Juga: Viral Gangster Konvoi di Tangsel, Ini Kata Kapolres Tangsel

1. Sekolah ini diinisiasi oleh BJ Habibie

Profil Sekolah MAN Insan Cendekia Serpong, Unggulan di TangselBJ Habibie (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Lahirnya sekolah ini tak lepas dari peran Prof. Dr. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie. Dari Habibie-lah, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mendirikan Magnet School, yang nantinya berubah namanya menjadi SMU Insan Cendekia di Serpong dan di Gorontalo melalui program penyetaraan IPTEK STEP (Science and Technology Equity Program) bagi sekolah-sekolah yang berada di lingkungan pondok pesantren.

Pada tahun pelajaran pertama (1996/1997), penerimaan siswa SMU Insan Cendekia diprioritaskan bagi siswa-siswi SMU/MA kelas satu dan siswa-siswi lulusan SMP/MTs berprestasi yang berasal dari pondok pesantren dan sekolah Islam lainnya. Akan tetapi, mulai tahun pelajaran kedua (1997/1998) SMU Insan Cendekia memberi kesempatan pula kepada siswa-siswi SLTP umum dan MTs, baik negeri maupun swasta.

Sejak tahun pelajaran 2000/2001 SMU Insan Cendekia--baik yang berada di Gorontalo maupun di Serpong--dilimpahkan pengelolaannya oleh BPPT kepada Departemen Agama RI. Untuk tetap mempertahankan ciri khas penguasaan IPTEK dan IMTAK, maka dalam pengelolaan dan pembinaannya, Departemen Agama dan BPPT terus melakukan kerja sama. Selanjutnya nama SMU Insan Cendekia ditransformasikan menjadi Madrasah Aliyah Insan Cendekia dengan tanpa mengurangi dan mengubah sistem pengajaran secara keseluruhan yang telah berjalan selama ini.

Pada tahun 2001, dengan SK Menteri Agama RI, Nomor 490 Tahun 2001 MA Insan Cendekia Serpong dan Gorontalo berubah menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Gorontalo dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong.

2. Ribuan siswa mendaftar setiap tahun karena ingin bersekolah di MAN Insan Cendekia Serpong

Profil Sekolah MAN Insan Cendekia Serpong, Unggulan di TangselDok. MAN Insan Cendekia Serpong

Kepada IDN Times Kepala Sekolah MAN Insan Cendekia Serpong, Abdul Basit mengatakan, jumlah siswa MAN Insan Cendekia berjumlah 420 siswa dan siswi.

Setiap tahun penerimaan siswa, per-angkatan sekolah ini hanya menerima 140 siswa dengan komposisi 70 putra, 70 putri. mereka merupakan siswa yang lolos seleksi adalah yang terbaik dari 2.500 hingga 3.000 pendaftar setiap tahun.

"Sebaran siswanya by seleksi, sebarannya hampir seluruh Indonesia," kata Abdul.

3. Sudah beraktivitas normal setelah wabah

Profil Sekolah MAN Insan Cendekia Serpong, Unggulan di TangselPJJ secara Online yang digelar di sekolah kini dilaksanakan dengan WFH (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Abdul mengatakan, setelah menerapkan pembelajaran dengan metode tertentu karena wabah, MAN Insan Cendikia Serpong yang menerapkan sistem boarding school atau para siswa tinggal di asrama, kini pembelajaran sudah dilaksanakan dengan aktfitas normal.

"kami berupaya konsitensi, target dan sasaran tetap sama. 2021 2022 kami menjadi sekolah terbaik itu buah konsistensi," kata Abdul.

4. Ini rahasia unggul nilai UTBK MAN Insan Cendekia Serpong

Profil Sekolah MAN Insan Cendekia Serpong, Unggulan di TangselPeserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 gelombang pertama di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (17/5/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Abdul mengatakan, nilai UTBK sekolahnya selalu tinggi, karena jurusan yang dipilih oleh para siswa adalah jurusan favorit dari PTN favorit. Itulah yang menyebabkan nilai UTBK-nya terbaik.

"Lulusan kami dari dulu komposisi lulusannya selalu sama, misal, anak MAN IC selalu 25 persen ke ITB," kata dia.

5. MAN Insan Cendekia Serpong juga menyelenggarakan boarding school

Profil Sekolah MAN Insan Cendekia Serpong, Unggulan di TangselDok. MAN Insan Cendekia Serpong

Abdul mengatakan, fasilitas sekolah ini pada umumnya sama dengan fasilitas sekolah Islam pada umumnya.

"Hanya karena kami boarding ada asrama ada gedung pendidikan ada aula," kata dia.

Baca Juga: 2.000 Warga Tangsel Sudah Miliki Identitas Kependudukan Digital

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya